H Sarmanto Hasyim
Belajar Mengelola Usaha, Menjaga Komunikasi dan Menyampaikan Visi di Organisasi

0
293
H Sarmanto Hasyim menyampaikan paparan

KUDUS, Suaranahdliyyin.com – Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Jekulo menyelenggarakan sarasehan penguatan ekonomi bagi kader GP Ansor di wilayah kecamatan tersebut, Jum’at (19/3/2021) lalu. Sarasehan dilangsungkan di Aula MWC NU Kecamatan Jekulo.

H Sarmanto Hasyim, mantan ketua PC GP Ansor Kabupaten Kudus yang didaulat menjadi narasumber, menyampaikan, bahwa orang NU biasanya bicaranya tentang pengabdian dan perjuangan, jarang yang berbicara tentang perekonomian kader.

“Di samping mengabdi dan berjuang, harus dipahami bahwa sektor ekonomi tak kalah penting untuk diperhatikan,” tegasnya sembari mengisahkan perjuangannya saat mulai merintis usaha konveksi.

Sebelum merintis usaha konveksi, dia mengaku pernah bekerja selepas SMA sebagai tukang potong harian. “Ikut juga membantu orang tua bercocok tanam di sawah sebagai petani. Akan tetapi, menjadi petani membuatnya menjadi berat, kemudian saya beralih ke usaha konveksi,” katanya.

Dia mengemukakan, ada dua hal berharga yang disadarinya kemudian, yakni belajar (usaha) dari nol dan pentingnya memahami managemen. “Kedua hal itu saya dapatkan di organisasi. Di organisasi, saya belajar mengelola usaha, menjaga komunikasi, dan menyampaikan visi kepada orang lain dengan baik,” ungkapnya. (zamris/ adb)

Comments