Mbah Cholil Sang Guru Ulama Nusantara (2)
Banyak Kalangan Nilai Mbah Cholil Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

0
2334
H. Hisyam Zamroni / wakil ketua PCNU Kabupaten Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Respons positif datang dari berbagai kalangan, khususnya warga Nahdliyin, terkait usulan masyarakat agar Syaichona Mohammad Cholil (Mbah Cholil) Bangkalan, Madura, agar dianugerahi gelar pahlawan Nasional.

H. Hisyam Zamroni, wakil ketua PCNU Kabupaten Jepara, misalnya. Dalam pandangannya, Mbah Cholil sangat layak dianugerahi Pahlawan Nasional. “Mbah Cholil adalah mahaguru sebagian pahlawan nasional. Maka beliau juga sangat layak mendapat anugerah sebagai Pahlawan Nasional, berkat kiprah dan perjuangannya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa Mbah Cholil juga sukses mendidik para santrinya, khususnya dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme. “Para santri Mbah Cholil banyak yang mengambil peran dalam memerdekakan dan mendirikan Negara Republik Indonesia. Itu sebuah perjuangan yang sangat hebat dan harus mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan negara ini,” tegasnya.

Hal senada disampaikan H. Nur Said, akademisi IAIN Kudus yang juga ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PCNU Kudus. “Mbah Cholil ini gurunya para ulama Nusantara, tak terkecuali KH. Hasyim Asy’ari. Mbah Cholil pula yang memberi ‘komando tongkat’ sebagai isyaraat untuk mendirikan organisasi, yang kelak dikenal dengan Nahdlatul Ulama (NU),” paparnya.

Mengingat peranan Mbah Cholil terhadap bangsa ini, maka baik H. Hisyam Zamroni maupun H. Nur Said pun menilai sang guru ulama Nusantara itu layak dianugerahi Pahlawan Nasional. ‘’Saya sangat mendukung pengusulan Mbah Cholil sebagai Pahlawan Nasional,” ujar keduanya yang dihubungi terpisah. (ros/ adb, gie, rid, luh, mail)

Comments