Santri – Santriyah Ponpes Duta Aswaja Kudus
Bangun Kebersamaan dengan Nyatai Bareng di Momentum Iduladha

0
579
Para santriyah kompak nyatai bareng

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Momentum Iduladha, para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Duta Aswaja menggelar “Nyatai Bareng” pada Senin (11/7/2022) di kemarin di halaman pondok, didampingi oleh murabby (pembina) kamar masing-masing.

Pada Iduladha tahun ini, Ponpes Duta Aswaja menyembelih sebanyak delapam ekor kambing untuk kurban. “Alhamdulillah, tahun ini kami mendapat delapam ekor kambing kurban dari wali santri dan guru,” terang Ustaz M Alvin Jauhari, direktur umum Ponpes Duta Aswaja Kudus.

Dia mengemukakan, daging kurban di Ponpes Duta Aswaja Kudus yang berasal dari para wali santri itu, kemudian didistribusikan kepada para santri, guru, karyawan dan masyarakat sekitar.

Kepala pondok putera Duta Aswaja, Ustaz Valentino, menjelaskan, para santri setiap kamar diberikan daging, kemudian diolah dan diminta nyatai sendiri dengan teman satu kamarnya. “Masing-masing kamar diberi jatah daging, kemudian santri diminta nyatai sendiri. Tetapi tusuk, bumbu dan lainnya sudah kami sediakan, sehingga para santri tinggal membakarnya,” ujarnya.

Nyatai bareng, obati kerinduan akan keluarga dan kampung halaman

Candra Destora, santri asal Kalimantan, mengaku senang bisa nyatai bareng dengan teman-temannya di momentum Iduladha ini. “Walaupun tidak pulang ke kampung halaman, tapi bisa nyatai bareng, sehingga bisa menghilangkan kerinduan kami akan keluarga dan kampungg halaman,” katanya.

Menurut Nazua, santriyah asal Aceh, nyatai bareng ini kendati nampak sederhana, namun memiliki kesan yang positif. “Tidak persoalan bisa nyatai semata, tetapi dengan ini sekaligus membangun kebersamaan dan kekompakan antara para santri dan santriyah di pondok,” ungkapnya. (rls/ ros, adb)

Comments