Baksos, Puluhan Aktivis Muda NU Kandangmas Bersih Makam Leluhur

0
2059
Usai bersih-bersih makam, Ansor – banser menyerahkan alat-alat kebersihan kepada pengurus makam Masin

KUDUS,Suaranahdliyin.com –  Masih rangkaian harlah ke 95 Nahdlatul Ulama dan ke 85 GP Ansor, sedikitnya 30 aktivis muda NU melakukan bakti sosial (baksos) membersihkan lingkungan makam leluhur Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku Dukuh Masin Kandangmas Dawe Kudus, Selasa (1/5/2018).

Mereka yang terdiri dari pengurus dan anggota Ansor-Banser, IPNU-IPPNU desa Kandangmas ini juga menyerahkan alat-alat kebersihan (sapu lidi, sapu lantai, tempat sampah, ekrak, kemoceng, keset ) kepada pengurus makam.

Ketua Ansor Kandangmas.Misbahul Munir mengatakan baksos  bertujuan membangun sosialitas anggota dan kader Ansor, Banser dan IPNU-IPPNU dalam rangka kebersihan lingkungan makam. Selain itu, untuk menciptakan kenyamanan bagi para peziarah.

“Ansor Banser juga mengadakan pengajian rutin setiap malam Jumat Pon di sini. Jadi kami merasa bertanggung jawab atas kebersihan makam,”ujarnya.

Dengan berseragam, anggota bersih lingkungan makam Masin

Ia menjelaskan makam keramat (punden) Masin  Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku adalah makam putra Sunan Muria yang di keramatkan oleh warga Kandangmas. Seringkali masyarakat setempat maupun dari luar kota datang berziarah. Terlebih lagi, pada bulan Sya’ban sangat ramai para peziarah.

“Mudah-mudahan bakti sosial ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat yang berziarah ke makam ini,”tandasnya. (din/adb)

Comments