16 Pondok Pesantren Ikuti Liga Santri Nusantara Kudus

0
1211

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Pimpinan Cabang Rabithah Ma’ahidil Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Kudus akan mengadakan kompetisi sepak bola antar pondok pesantren, 9-17 Oktober 2019. Sebanyak 16 pondok pesantren se-Kudus sudah memastikan mengikuti kompetisi bertajuk Liga Santri Nusantara (LSN) Kabupaten Kudus tahun 2019.

Ke-16 pondok pesantren (ponpes) itu antara lain Ponpes  An Nur Jekulo, Ponpes Al Husna Sidomulyo, Ponpes Darus Syifa’ Ploso, Ponpes Darut Ta’lim Kajeksan, Ponpes Duta Aswaja Bae, Ponpes Darul Falah Jekulo Ponpes Al Thoyani Jekulo dan Ponpes Al Qaumaniyyah Jekulo. Kemudian, Ponpes Miftahul Falah Cendono, Ponpes Al Fath Ngembalrejo, Ponpes Manbaul Falah Piji, Ma’had Qudsiyyah, Ponpes Al Ma’ruf, Ponpes Yanbu’ Remaja, Ponpes Nashrul Ummah Mejobo dan Ponpes Sabilur Rosyad Kaliwungu.

“LSN menggunakan sistem gugur dengan tempat pertandingan lapangan Jambu Bol Ngembal Rejo dan Lapangan Kongsi Loram Wetan untuk penyisihan. Sementara semi final dan final di Stadion GOR Wergu Wetan Kudus,”jelas sekretaris panitia LSN Kudus Badawi.

Sekretaris PC RMI-NU Kudus Gus KHifni Nasif menambahkan liga Santri ini bertujuan untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat para santri di bidang olah raga. Liga ini juga untuk mencari bibit pemain sepak bola dari kalangan santri.

“Ini menjadi bukti bahwa santri tidak hanya pinter mengaji melainkan juga bisa bermain sepak bola.”ujarnya kepada suaranahdliyin.com di kantor PCNU Kudus, kemarin.

Untuk kesuksesan LSN, pihaknya menggandeng Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kudus. Saat dibuka pendaftaran, terang Gus Khifni, ada sekitar 31 pondok pesantren.

“Karena ini juga ajang seleksi menuju LSN Region Jateng, panitia membatasi 16 tim pondok pesantren lantaran waktunya sudah mepet,”terang Gus Khifni.

Dari hasil LSN ini, terangnya, akan diambil dua tim terbaik untuk mewakili Kudus dalam LSN Region Jateng di Stadion Pancasila Demak, 20-22 Oktober mendatang.

“Semoga LSN ini bisa melahirkan bibit-bibit pemain timnas,'”harap gus Khifni.(adb/rid)

Comments