TARHIMA MUI KUDUS
Semangat Pengetahuan Harus Diwarnai Spirit dalam Al-Qur’an

0
753
KH. Ubaidullah Shodaqoh dalam Tarhima MUI Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Pengurus Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) UKabupaten Kudus menggelar kegiatan Tarawih dan Silaturahmi (TARHIMA) Ramadan.di IAIN Kudus, Kamis (28/03/2024). Dalam acara itu diisi tarawih berjamaah dengan imam KH. Amin Yasin dan mauidhah hasanah oleh Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) KH Ubaidullah Shodaqoh.

Dalam ceramahnya, KH. Ubaidullah Shodaqoh. mengajak melakukan instrospeksi terhadap perkembangan pendidikan atau pengetahuan di era masa kini. Dikatakan, Instrospeksi terkait semangat dan pengetahuan harus diwarnai dengan spirit yang terdapat dalam Al-Qur’an.

“Jadi Al-Qur’an tidak hanya sebagai musabaqoh (perlombaan) atau juga sebagai murojaah (hafalan) saja,”ujarnya.

KH. Ubaid menuturkan sumber dari pengetahuan yang dimiliki sebagai petunjuk berasal dari Al-Qur’an. Seperti setiap sesuatu ada di dalam Al-Qur’an, apakah terkandung atau tersurat, atau yang lainnya.

“Dalam hal ini dijelaskan juga ilmu pengetahuan pendidikan, politik, pemerintah seharusnya kembali di dalam Al-Qur’an dan kita harus meyakini hal tersebut” lanjutnya.

Hal tersebut, KH. Ubaidillah menuturkan  salah satu contoh turunnya ayat Al-Qur’an yang dapat merubah suku ‘Aus dan Khazraj (Kaum Anshar) dan juga perempuan yang membunuh anak-anak nya.

“Sebagai contoh dunia pendidikan STAIN, IAIN, UIN merupakan salah satu cikal bakal dan moral (kemajuan bangsa) dari pesantren yang dapat mendorong dalam menghadapi situasi zaman” ungkapnya.

Acara dihadiri oleh jajaran kepengurusan MUI Kabupaten Kudus, Pemerintah Daerah, Rektor IAIN Kudus beserta dewan akademik IAIN Kudus, Khatib Syuriah Kabupaten Kudus, dan Badan Otonom (Banom) NU Kecamatan Bae.

Rektor IAIN Kudus, Prof Abdurrahman Kasdi mengapresiasi acara Tarhima dari MUI Kudus “Terimakasih atas kepercayaan yang sudah memberikan IAIN Kudus menjadi tamu di dalam acara Tarhima, sehingga bisa memberikan semangat dalam mengupdate status menjadi UIN Kudus.

Ketua MUI Kabupaten Kudus KH.Hamdsni mengharapkan acara Tarhim ini semakin tahun bertambah kualitas, dan kuantitas, dan juga dapat menambah peserta yang lebih banyak.

Tarhima MUI di IAiN Kudus merupakan putaran yang ketiga. Pada hari sebelumnya, Tarhima pertama di Polres Kabupaten Kudus dan kedua di RSUD Loekmono Hadi Kudus.(choirul/adb).

Comments