Prof. Musahadi Dikukuhkan sebagai Guru Besar UIN Walisongo

0
562
Prof Musahadi mendapatkan ucapan selamat dari Rektor UIN Walisongo, Prof. Imam Taufiq

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Rabu (8/1/2020) pagi di Auditorium Kampus III UIN Walisongo, digelar Rapat Senat Terbuka dengan agenda Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Musahadi M.Ag.

Hadir pada kesempatan itu antara lain Prof. Dr. H. Muhibbin M.Ag. (Ketua Senat), Prof. Dr. H. Imam Taufiq M.Ag. (Rektor UIN Walisongo), para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga di UIN Walisongo serta para koleganya yang lain.

Pada pengukuhannya sebagai Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dosen kelahiran Demak, 9 Juli 1969 itu membacakan naskah pidatonya yang berjudul ”Fikih Prasmanan: Mencermati Disrupsi di Bidang Hukum Islam”.

Dia menyampaikan, bahwa dewasa ini hukum Islam tengah berhadapan dengan perubahan-perubahan yang sangat dramatis dan fundamental menyangkut struktur, dimensi dan karakter kehidupan baru yang dihasilkan oleh etape peradaban manusia modern, yang oleh para ahli disebut sebagai era revolusi industri generasi 4.0.

”Temuan-temuan teknologi di era ini, terutama Information and Communication Technology (ICT) sungguh luar biasa. Satu sisi, capaian-capaian peradaban itu menghadirkan kemudahan, kenyamanan, efisiensi dan efektivitas luar biasa bagi umat manusia beraktivitas menjalani kehidupan. Namun di sisi lain, teknologi juga menghadirkan perubahan-perubahan disruptif, yang ritme dan kecepatannya sulit diikuti,” katanya.

Dikatakannya, era disrupsi dampaknya sangat luas, baik di bidang ekonomi, bisnis, industri, politik dan pendidikan. ”Disrupsi menyentuh pula aspek dari ajaran Islam yang menempati posisi sangat penting, yaitu hukum Islam,” paparnya.

Terkait topik “Fikih Prasmanan” dalam pidato pengukuhannya, Prof. Musahadi menyebut hendak melihat relevansi pandangan immutability dan pandangan adaptability dalam skema perubahan disruptif yang sedang terjadi.

‘’Topik ini sekaligus juga dimaksudkan sebagai kontribusi dalam pengembangan paradigma keilmuan yang dianut oleh UIN Walisongo, yakni paradigma unity of sciences dalam bidang Ilmu Hukum Islam,’’ tuturnya. (ros, gie, lam/ adb, rid, luh, mail)

Comments