Pj Bupati Kudus Ungkap Dua Momentum Penting dalam Iduladha

0
193
Penyerahan kerbau untuk kurban oleh Pj Bupati Kudus H M Hasan Chabibie di Masjid Agung Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Dr M Hasan Chabibie, mengutarakan, bahwa nilai terpenting dari perayaan Iduladha dan semangat berkurban, yakni berbagi kepada orang lain sekaligus niat mempersembahkan yang terbaik untuk Allah.

Pj Bupati Kudus menyampaikan hal itu dalam rangkaian Salat Iduladha di Masjid Agung Kudus, sekaligus penyerahan kurban hewan kerbau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Senin (17/6/2024).

“Nilai terpenting dari Iduladha yakni untuk memaknai kembali posisi kita di hadapan Allah. Bahwa, kita semua ini sebagai hamba Allah, diperintahkan beribadah sekaligus pasrah kepada semua ketentuan Allah. Cerita pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail, memberikan pengorbanan kepada Sang Penguasa Semesta,” katanya.

Hasan Chabibie menambahkan, sebagai Pj Bupati Kudus, dia ingin agar warga senantiasa mengingat dan memaknai pesan di balik peristiwa Iduladha.

“Pada momentum ini, saya ingin menyampaikan, bahwa dalam rangkaian Iduladha, ada dua momentum penting, yakni haji dan kurban. Haji memberikan pesan penting bagi muara dari kehidupan kita, yakni ibadah kepada Allah. Sementara kurban memberi pemaknaan, bahwa kita semua diperintahkan untuk memberikan yang terbaik, yakni pengurbanan serta pengabdian kepada Allah,” tuturnya.

Disampaikannya, sebagai Masyarakat Kudus, mestinya meneladani ajaran toleransi dari Kanjeng Sunan Kudus, dengan menghindari menyembelih sapi, memilih kerbau untuk hewan kurban.

Pada kesempatan itu, M Hasan Chabibie juga mengajak warga Kudus, untuk mendoakan semua jamaah haji, khususnya dari Kudus yang sedang menunaikan ibadah di tanah suci.

“Mari kita mendoakan semua jamaah haji, khususnya dari Kudus, yang sedang beribadah di tanah suci supaya diberi kemudahan, mendapatkan doa yang terbaik dan terkabul,” katanya. (ros, gie/ rid, adb)

Comments