Peserta LPB Bahasa Arab Ikuti Ujian Praktik di Semarang

0
810
Peserta LPB Bahasa Arab MA NU TBS Kudus mengikuti ujian praktik di Semarang

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Para peserta didik MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus yang tergabung dalam Lembaga Pengembangan Bakat (LPB) Bahasa Arab, mengikuti ujian praktik di Kota Semarang, belum lama ini.

Ujian praktik ini diwujudkan melalui kunjungan (silaturahmi) dengan Syaikh Muhammad Athif Awad Ramadan di sebuah masjid di Bukit Semarang Baru (BSB) Kota Semarang pada Kamis, 27 Rajab 1445 H/ 8 Februari 2024 H lalu.

Di Kota Semarang, dalam kunjungnnya kepada Syaikh Muhammad Athif Awad Ramadan merupakan ulama utusan dari Al Azhar, Kairo, Mesir para peserta LPB didampingi oleh kiai dan guru pembimbing yang terdiri atas Dr H Rismiyanto, KH Himam Awwaly Lc, KH Ulinnuha Lc MUs, Kiai Azhar Lathif Nashiran, KH Nizanul Falih LC MA, dan K Asna Mafaza SAg MAg.

Ujian Lisan LPB (Lembaga Pengembangan Bakat) Cabang B. Arab MA NU TBS Kudus dengan Syaikh Muhammad Athif Awad Ramadan, dosen utusan dari Universitas Al-Azhar Mesir yang mengajar di UIN Walisongo Semarang, ujian ini berlangsung di Masjid Baitul Makmur Perumahan BSB Semarang, hari kamis tanggal 27 Rajab 1445 H. / 8 Februari 2023 M.

K Asna Mafaza, menyampaikan, bahwa peserta LPB usai mengikuti serangkaian pembinaan, kemudian mengikuti beberapa ujian, termasuk ujian lisan kali ini. “Ujian lisan ini adalah satu di antara tiga indikator penilaian terhadap hasil pembelajaran peserta LPB Bahasa Arab selama kurang lebih enam bulan mengikuti pembinaan,” katanya.

Indikator lain, lanjutnya, yaitu tugas membuat vlog reportase ketika para peserta LPB Bahasa Arab berada di Puri Maerokoco Semarang. “Selanjutnya, membuat karangan bebas (insya) dengan topik pilihan dari dewan penguji,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk dewan penguji terdiri atas KH Himam Awaly Lc, KH Ulin Nuha Lc MUs KH Nizanul Falih Lc MA, Ustaz Ahmad Shofi Luthfi Lc MH dan Ustaz Indra Wahyudi Lc. (rls/ ros, rid, adb)

 

Comments