Perlu Penyadaran Masyarakat Terkait Pentingnya Pemilu

0
1414
Dok. Pribadi/ Eni Misdayani S.Ag. MM.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Permahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pemilu sebagai salah satu proses serta perujudan demokrasi di tanah air, perlu ditumbuhkan. Dengan begitu, maka masyarakat akan ikut mengambir peran dalam menyukseskan dalam setiap agenda Pemilu yang digelar.

Komisioner KPU kabupaten Kudus, Eni Misdayani S.Ag. MM., mengutarakan hal itu kepada Suaranahdliyin.com, kemarin. ‘’Masing-masing (anggota masyarakat-Red) harus memahami dan menyadari, bahwa salah satu ciri negara demokrasi itu mewujud melalui Pemilu,’’ katanya.

Dengan pemahaman dan juga sepakat bahwa pemilu merupakan sarana memilih pemimpin, sehingga memilih pemimpin diyakini sebagai hal yang sangat penting, maka secara tidak langsung problem golput dan politik uang selesai.

‘’Untuk itu, perlu peran semua pihak, agar pemahaman seperti itu bisa tumbuh di sanubari masyarakat. Dan generasi muda perlu mengambil peran, termasuk dalam hal memerangi golput dan politik uang,’’ tegas Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat pada KPU Kabupaten Kudus tersebut.

Salah satu peran yang bisa diambil untuk itu, lanjut Eni Misdayani, adalah dengan ikut  mencerdaskan pemilih. ‘’Bisa dengan tetlibat sebagai badan penyelenggara ad hoc seperti PPK, PPS maupun KPPS, menjadi pemilih rasional yang cerdas, atau dengan menjadi relawan demokrasi dengan ikut mengawal seluruh tahapan Pemilu,’’ terangnya. (ros)

Comments