KH Achmad Darodji: Berkhidmah Jangan Menuntut Fasilitas

0
851
KH Ahmad Darodji menyampaikan pesan-pesan kepada sivitas akademika FSH UIN Walisongo dalam halalbihalal, kemarin

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah (Jateng), Dr KH Achmad Darodji, mengutarakan, dalam berkhidmah di suatu lembaga, organisasi atau bahkan Negara, yang mesti didahulukan adalah menjalankan kewajiban sebaik-baiknya daripada menuntut hak.

“Jangan asal menuntut fasilitas. Kalau kita menjalankan kewajiban dan tugas dengan baik, fasilitas akan mengikuti,” katanya dalam Halalbihalal Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Rabu (17/4/2024).

Disampaikannya, sebaiknya semua bekerja keras dan jangan cepat merasa puas dengan apa yang telah dicapai baik dalam kegiatan perkuliahan maupun pengembangan kelembagaan.

“Dalam perkuliahan jangan hanya mengajarkan kurikulum yang tertulis, namun perlu ada alternatif lain sehingga lebih bagus dan efektif pembelajarannya,” tuturnya.

KH Darodji juga mengingatkan, bahwa dalam pengembangan FSH, jangan hanya memakai jalur normatif, namun perlu juga menggunakan banyak strategi sehingga mempercepat kemajuan.

“Generasi baru mesti optimis dan cepat melihat banyak peluang diikuti strategi yang baik,” tutur KH Darodji yang juga pernah menjabat Dekan Fakultas Syariah selama tiga periode tersebut.

Dosen senior FSH, Prof Dr Nur Khoirin, mengemukaka, untuk memajukan FSH, silaturahim seperti halalbihalal penting dilakukan, supaya hubungan personal di lingkungan fakultas sebagai satu keluarga, semakin erat.

“Kebersamaan adalah modal untuk memajukan FSH. Pertemuan dari hati ke hati sangat penting. Persaudaraan dan silaturahim sempurna jika tahu rumah, kondisi keluarga, dan lainnya,” ujarnya.

Dekan FSH, Prof Dr Abdul Ghofur, pada kesempatan itu memohon dukungan sivitas akademika, agar program FSH berjalan baik dan diingatkan bila ada kesalahan pelaksanaan.

“Mohon adanya sinergisitas dari segala kekuatan, serta sharing knowledge (berbagi pengetahuan) semua elemen agar menjadi super team,” paparnya.

Dirinya pun meminta saling memberdayakan teman-teman dalam penelitian, penguatan sarana prasarana maupun kegiatan akademik lain sesuai keahlian.

“Mari berjuang bersama, maju sukses, berperadaban tinggi, dan penuh keberkahan,” harapnya. (siswanto ar/ ros, rid, adb)

Comments