Jadikan Ramadan Bulan Syiar Islam

0
199
Ketua PCNU Pati, H. Yusuf Hasyim

PATI, Suaranahdliyin.com – Ketua PCNU Pati, H. Yusuf Hasyim, gelaran Pasar Murah Ramadan dan pengajian akbar Nahdliyin di Pati, bertujuan untuk syiar Islam. “Untuk meningkatkan syiar Islam dan layanan jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU) terhadap masyarakat,” katanya, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, juga untuk menumbuhkembangkan rasa kepedulian sosial sehingga terjalin ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah. “Juga untuk meningkatkan peran nyata organisasi NU dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju kemandirian jamaah dan jamiyyah,” lanjutnya.

Demi mewujudkan itu semua, PCNU Pati bersama lembaga-lembaga dan badan otonom bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Pati, akan menyelenggarakan Pasar Murah Ramadan dan pengajian Nahdliyin, besuk.

Dalam penyelenggaraannya, PCNU juga mendapat dukungan dari dinas terkait dan berbagai organisasi, antara lain Dinas Pertanian, Bulog, Ketapang, DKK, PKK, Indomarco, dan Karang taruna.

Yusuf Hasyim berharap, kerja sama yang terjalin bisa meluas dan menyasar bidang-bidang lain. “Tahun depan semoga bisa dilaksanakan tidak hanya di satu lokasi, tetapi bisa roadshow dengan melibatkan seluruh lembaga dan Banom NU,” tuturnya.

Ketua MWCNU Kecamatan Cluwak, Abdul Malik, berharap kegiatan sosial seperti ini bisa diselenggarakan setiap tahun. ‘’NU bisa bekerja sama dengan pemerintah maupun dengan pihak swasta,’’ ungkapnya diamini Yusuf dari Lembaga Perekonomian NU.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindutrian Pati, Riyoso MM, menyampaikan, pelaksanaan Pasar Murah 2019 ini spesial, berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain bekerja sama dengan PCNU Pati dengan formulasi baru, juga diwarnai penampilan musik religi dari LESBUMI, dakwah hafidz cilik dan LDNU, juga dirangkai dengan buka puasa bersama dan tarawih keliling bareng Bupati, kiai NU, dan aparatur pemerintahan.

“Harapan kami, pasar murah dan dakwah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Pati dalam menyambut Idul Fitri. Mudah-mudahan ke depan bisa digelar lebih meriah lagi dan dilangsungkan di beberapa titik atau lokasi,” katanya. (ibda/ adb, ros)

Comments