H Moh Ahlish: Untuk Menumbuhkan Budaya Literasi Lingkungan Perlu Dibentuk

0
878
Bedah buku di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu

KUDUS, Suaranahdliyin.com – OSIS MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus menggelar bedah buku “Cerita Inspiratif Jalur Langit” karya para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kabupaten Kudus, Selasa (2/7/2024) lalu.

Acara yang dilangsungkan di Perpustakaan Al-Huda itu, diikuti seluruh pengurus OSIS dan juga dihadiri perwakilan penulis.

Kepala MTs NU Nurul Huda, H Moh Ahlish, berharap, kegiatan semacam ini akan menumbuhkan budaya membaca dan menulis para peserta didik. “Sehingga budaya literasi akan tumbuh dan meningkat,” ujarnya.

Dia pun mengatakan, untuk menumbuhkan budaya literasi, lingkungan harus diciptakan. “Untuk itu, di Perpustakaan Al-Huda ini telah tersedia lebih dari tiga ribu judul buku, baik fiksi ataupun non fiksi,” tambahnya sembari mengatakan perpustakaan tersebut telah memenuhi standard perpustakaan yang terakreditasi nasional.

Ustaz Zainuri, mengapresiasi standardisasi yang dicanangkan kepala MTs NU Nurul Huda, sehingga perlu dicontoh madrasah-madrasah lain.

“Dengan demikian, maka literasi meningkat. Pembiasaan yang dibarengi dengan menumbuhkan pembiasan menulis, yaitu dalam sepekan peserta didik bisa menulis kegiatan yang dianggap spesial dituangkan dalam bentuk tulisan,” katanya.

Terkait buku yang dibedah pada kesempatan itu, dia menilai memiliki kelebihan dari sudut alur yang bervariasi, ide dasar cerita yang beragam dan gaya bahasanya yang indah, dan memberikan kenyamanan dan kesenangan bagi pembaca.

“Selain itu, buku ini juga menawarkan berbagai solusi tentang problematika kehidupan, sehingga buku ini layak dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mencari Solusi atas berbagai problem yang muncul,” ungkapnya.

Ditambahkannya, buku karya para guru yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Kudus itu cocok dibaca bagi pelajar yang baru senang membaca, karena bahasanya yang ringan dan mudah dicerna.

“Buku ini juga sarat dengan pesan moral dan motivasi kehidupan,” tuturnya.

Salwa Azkia Mufida, salah satu peserta bedah buku mengaku senang mengikuti kegiatan ini. “Senang bisa hadir di forum ini. Di samping mendapat ilmu (wawasan) dan strategi membaca dan menulis dari pemateri, bukunya sendiri juga penuh inspirasi,” bebernya.(rls/ros)

Comments