Gus Bab: Pasti Akhlaq Orang Akan Baik

0
3884
  • Jika Islam Dipahami dengan Benar
KH. M. Ulil Albab Arwani

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Rois Syuriah PCNU Kabupaten Kudus, KH. M. Ulil Albab Arwani, mengingatkan pentingnya penerapan akhlak pada seluruh lapisan kehidupan. Menurutnya, berbagai profesi harus mengedepankan akhlak sebagai landasan dalam bersikap.

“Orang itu memang harus bekerja sesuai bidang dan keahliannya, tetapi jangan lupakan akhlak,” tutur Gus Bab –sapaan akrab KH. M. Ulil Albab Arwani- kepada Suaranahdliyin di kediamannya kompleks Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an (PTYQ), baru-baru ini.

Mengedepankan akhlak itu, jelasnya, termasuk pula dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. ‘’Masyarakat, utamanya warga Nahdliyin, harus mengedepankan akhlak dalam berbangsa dan bernegara,’’ lanjutnya.

Dijelaskan oleh Gus Bab, bahwa Islam isinya semua akhlak. ‘’Nabi itu akhlaqnya al-Quran, jadi agama itu menata hubungan baik antara manusia (makhluq-Red) dengan Allah SWT. dan juga kepada sesama manusia. Mestinya kalau orang memahami Islam dengan sempurna, pasti akhlaknya baik,” ungkapnya.

Dikemukakan lebih lanjut, bahwa al-Quran itu mengandung semua ilmu. Tetapi kadang manusianya yang tidak memahami. Untuk itu, pengasuh PTYQ itu mendorong supaya warga Nahdliyin bisa menguasai teknologi dan informasi untuk dakwah ahlussunnah wal jamaah.

‘’Banyak orang yang harus di selamatkan, utamanya pengguna media sosial dan televisi. Tunjukkan kepada masyarakat website (situs) dan TV yang berhaluan Aswaja itu apa saja, dan ajak orang-orang supaya bersama kita berpaham Aswaja,” imbuhnya.

M. Ulil Albab Arwani, pun berpesan, supaya masing-masing orang bisa beramal menurut kemampuan masing-masing. ‘’Kalau bisanya (beramal-Red) melalui teknologi, ya dimaksimalkan itu untuk amal. Begitu juga yang punya uang dan sebagainya,’’ tuturnya. (rid, luh, ros/ adb)

Comments