Dosen Diminta Giat Lakukan Penelitian dan Pengabdian

0
1149
Dr. Suparni Setyowati Rahayu M.Si menyampaikan paparan

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Akademi dari Polines yang juga reviewer nasional bidang pengabdian, Dr. Suparni Setyowati Rahayu M.Si, berharap peserta workshop penulisan dan klinik proposal pengabdian kepada masyarakat (eksternal), yang diselenggarakan Bagian Pengabdian Masyarakat pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus (UMK), Selasa (22/5/2018), rajin melakukan riset dan pengabdian.

Ada sebanyak 58 dosen yang mengikuti workshop penulisan dan klinik peproposal pengabdian yang diselenggarakan di Lantai IV Ruang Seminar Gedung Rektorat UMK itu. Tidak hanya dari UMK. Beberapa peserta juga datang dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) UNISNU Jepara dan STIE AKA Semarang.

Pada workshop dan klinik penulisan proposal pengabdian masyarakat dibuka Wakil Rektor I UMK, Dr. Murtono M.Pd., Dr. Suparni Setyowati Rahayu menyampaikan adanya hubungan yang erat antara perguruan tinggi dengan pemberdayaan masyarakat. ”Hilirisasi hasil riset perguruan tinggi, akan berdampak terhadap pembangunan di masyarakat,” katanya.

Menurutnya, perlu strategi percepatan pemberdayaan masyarakat, serta sinergitas antara akademisi dari perguruan tinggi dengan stakeholder terkait dalam pemberdayaan masyarakat. Untuk pengabdian, dia menyarankan tidak hanya di Kudus saja, tetapi bisa ke Jepara, Rembang, dan lainnya.

Peserta workshop menyimak paparan

”Yang penting tidak lebih dari 200 kilometer jaraknya dari Kampus UMK,” ungkapnya dalam acara yang dipandu Kepala LPPM UMK, Dr. Mamik Indaryani MS.

Mengenai isu potensial yang bisa digarap untuk program riset (penelitian) dan pengabdian kepada masyarakat, katanya, antara lain meliputi pendidikan, kesehatan, lingkungan, konservasi, gender, perlindungan anak, pangan dan energi. (luh, dho/ adb, ros)

Comments