Cegahlah Tiga Perkara yang Jelek dengan Tiga yang Baik

0
2248
Dai muda Ustadz Sholeh Syakur

KUDUS, Suaranahdliyin.ComNabi Muhammad SAW mengingatkan ummatnya untuk mencegah tiga perkara yang jelek dengan tiga hal yang baik. Sehingga bisa benar-benar termasuk orang mukmin.

Demikian yang diterangkan dai muda asal Kudus Ustadz Sholeh Syakur dalam acara halalbihalal keluarga besar bani Noor Hasan – Sarpinah di dukuh Sambeng Karangmalang Gebog Kudus, Jum’at (12/4/2024).

Syakur menguraikan tiga perkara tersebut yakni pertama Alhirshu bil qona’ah yakni mencegah sifat rakus dengan sikap Qona’ah (nerima).

“Bersikap nerima memang agak sulit, namun harus kita upayakan berbuat yang baik dan bersikap qona’ah”ujarnya.

Sikap kedua, lanjut Syakur,  Alkibru bittawadhu’ (mencegah sombong dengan tawadhu’/andap ashor). Diterangkan, tawadhu’ merupakan sebuah adab atau akhlakul karimah.

“Orang punya adab lebih tinggi derajatnya daripada orang yang berilmu,” tandas Ketua Majelis Alumni IPNU Kudus ini.

Untuk yang ketiga, terang dia, walhasadu binnasihah artinya mencegah sifat hasud, iri dengki dengan nasehat. Ia mengajak untuk bisa menghilangkan sifat dengki, panas hati dengan mau menerima nasihat/masukan.

“Dengan mau menerima masukan nasehat dari orang lain agar hidup ada keseimbangan dan menjadikan orang yang beruntung di dunia dan akhirat,” imbuhnya.

Syakur juga mengharapkan tradisi halalbihalal bisa dilestarikan karena bisa memperkuat tali silaturahim sesama maupun dengan keluarga.(adb/ros)

Comments