Bupati Tegaskan Siap Fasilitasi Pesantren Tapaki Era New Normal

0
423
Audiensi terkait pesantren di era new normal bersama Bupati Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Bupati Kabupaten Jepara, Dian Kristiandi, menegaskan siap menfasilitasi pesantren menapaki kehidupan new normal. Mulai Rabu ini (8/7/2020), Bupati berangkatkan satu bus santri kembali mengaji ke Pesantren Al Fadlu wal Fadhilah, Kaliwungu Kendal, asuhan KH Dimyati Rois.

“Kami yang melepas keberangkatan. Sebelumnya, dilakukan pemeriksaan kesehatan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan memberikan bekal vitamin untuk ketahanan tubuh para santri di pondok,” katanya.

Orang nomor satu di Bumi Kartini itu, menegaskan komitmennya saat menerima audiensi Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Cabang Jepara, pada Selasa (7/7/2020) di ruang kerjanya Kompleks Kantor Pemkab Jepara.

Audiensi itu dihadiri antara lain KH Nuruddin Amin (wakil ketua DPRD Jepara), yang juga ketua DPC PKB Jepara, H. A. Habib (Kepala Kemenag), Agus Triharjono (Kepala Dikpora Jepara), Mudrikatun (Kepala DKK), H. Hisyam Zamroni (PCNU Jepara), KH Masturi dan KH Hakim (Dewan Syuro PKB) dan K Rosyif Arwani (RMI NU Jepara).

K Rosyif Arwani, menyampaikan, yang dibutuhkan pesantren di era new normal adalah adanya edukasi kesehatan preventif, penyemprotan disinfektan, logistik bagi para santri, fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, dan layanan kesehatan.

“Selain itu, juga butuh bantuan untuk fasilitasi guru pesantren, serta bantuan sembako untuk kebutuhan karantina mandiri,” terangnya.

Bupati Dian Kristiandi pun menyanggupi membantu kebutuhan sebagaimana disampaikan Ketua RMI NU Jepara, antara lain untuk memenuhi kebutuhan logistik santri, tenaga kesehatan bagi pesantren yang memerlukan, dan fasilitasi transportasi. “Saya menunjuk kepala DKK dan Bagian Kesra Sekda sebagai leading sektor untuk mengurusi secara teknis terkait hal ini,” tutur Dian Kristiandi.

Penglepasan santri kembali ke pondok oleh Bupati

Dan pada Rabu siang tadi, Bupati melepas secara langsung para santri yang akan kembali belajar di pesantren tempat mereka menuntut ilmu. (ella/ ros, adb, rid)

Comments