Buletin Suara Nahdliyin Edisi Ke 4

0
577

Download Buletin Suara Nahdliyin Edisi Ke 4


Ada pahlawan yang tercatat dalam sejarah. Tapi tidak sedikit yang tak tercatat, termasuk ulama dan santri dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), yang telah ikut mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa ini.

Akan tetapi, yang perlu dipahami adalah, bahwa tercatat dalam sejarah bukanlah target dari para ulama dan santri berjuang. Bagi mereka, perjuangan membela tanah air dari tangan penjajah, adalah sebuah ‘kewajiban’.

Hubbul wathan min al-iman,” demikian kiranya salah satu motivasi secara teologis yang banyak dipahami ulama, santri, dan warga Nahdliyin, yang sekaligus menguatkan tekad mereka berjuang. Harta dan nyawa dipertaruhkan untuk kemerdekaan dan kejayaan Indonesia.

Dan kendati tidak tercatat, para pahlawan negeri itu akan senantisa dikenang dan dihormati oleh anak-anak negeri. Doa-doa selalu dipanjatkan, agar Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan tempat terbaik bagi para syuhada bangsa di sisi-Nya.

Para pahlawan itu, adalah para pahlawan sejati yang akan senantisa terpatri jasa dan perjuangannya dalam ingatan para generasi bangsa ini, bahkan meski namanya tak tercatat dalam sejarah sekalipun. Salam hormat dari kami anak generasi bangsa ini.

Alfatiah. (*)

Comments