UPZISNU Colo Luncurkan Mobil Layanan Umat

0
746
Ketua LAZISNU kudus H. ih di Fahmi didampingi Ketua MWCNU Dawe dan PRNU Colo meluncurkan Mobil layanan umat dengan pemotongan pita.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) desa Colo Dawe melalui Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) meluncurkan Mobil Layanan Umat di MANU Raden Umar Said pada Sabtu (15/04/2023). Peluncuran ini dibarengi dengan agenda rutin Ramadan berupa penyaluran 42 paket santunan yatim piatu dan 220 paket santunan sembako.

Wakil Ketua UPZIS Colo, Sumadi menjelaskan peluncuran mobil layanan umat ini sebagai perwujudan salah satu program jangka panjang yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Dimana perencanaannya dilakukan sejak awal tahun 2022 melalui infaq masyarakat pada program Kaleng INUK (Infak Nahdlatul Ulama Kudus).

“Penggalangan dana untuk mobil layanan ini juga dikhususkan baik dari kaleng INUK maupun para munfiq,” jelasnya kepada Suaranahdliyin.com, Sabtu.

Mobil layanan yang diluncurkan UPZISNU Colo

Dirinya menambahkan, pentingnya mobil layanan umat ini sebagai kebutuhan kesehatan masyarakat desa Colo dan kegiatan sosial badan otonom. Sumadi juga mengaku, adanya mobil ini bisa menambah antusias masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam penggalangan kaleng INUK.

“Sebab secara kondisi geografis desa kita ini lumayan jauh dari fasilitas kesehatan, maka adanya mobil ini diharap membawa kemanfaatan,”imbuh Sumadi.
Berbarengan dengan peluncuran mobil layanan, lanjut Sumadi,  UPZISNU Colo juga menyalurkan santunan sebagai program yang telah dijalankan tiga kali.

“Untuk dana yang diambil memang dikhususkan untuk santunan dari donator dan koin,” imbuhnya.

Ia berharap wujud kepedulian sosial ini bisa membantu masyarakat di bulan Ramadan termasuk mobil yang telah diresmikan ini juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan.

UPZISNU Colo juga menyalurkan santunan untuk kaum dhuafa dan yatama

Hadir turut meresmikan, Ketua PC NU CARE – LAZISNU Kudus H. M Ihdi Fahmi. Ia mengapresiasi terhadap peluncuran mobil layanan umat UPZIS NU Colo. Dalam sambutanya, ia menyampaikan mobil layanan merupakan  kategori program Lazisnu Kudus di bidang kesehatan.

“Jadi, program Lazisnu Kudus memiliki empat pilar, yakni ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan pilar sosial kebencanaan,” paparnya.

Dikatakannya, mobil layanan umat UPZISNU Colo ini merupakan satu dari tiga mobil di Lazisnu Dawe yang telah diresmikan dan dimanfaatkan untuk seluruh masyarakat Dawe khususnya dan Kudus pada umumnya.

“Ini suatu hal luar biasa, maka atas support dan semangat UPZIS di ranting Colo, semoga membawa berkah manfaat,” katanya.

Menurut Fahmi, sejauh dari laporan layanan kesehatan Lazisnu Dawe pada 2022 , terdapat kurang lebih seribu layanan kesehatan yang telah dilaksanakan. Jika dikalkulasi maka dalam sehari mobil layanan untuk masyarakat ini jalan lebih dari lebih dari sehingga memang mobil ini sangat dibutuhkan sesuai dengan kondisi geografis di Kecamatan Dawe.

“Ini adalah amanah dari para munfiq yang dititipkan pada kita, semoga bisa dirawat dipelihara dan dimanfaatkan sebesar besarnya khususnya di Desa Colo,”tandas Fahmi (umi/adb)

Comments