Sinta Paramita Sari Raih Beasiswa Santri Berprestasi di UI

0
398
Sinta Paramita Sari/ Foto: istimewa

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sinta Paramita Sari, salah seorang santriyah lulusan Pondok Pesantren (Ponpes) Duta Aswaja, Kudus, patut berbangga karena berhasil meraih beasiswa pada Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) untuk studi di Universitas Indonesia (UI).

PBSB Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tahun 2022, merupakan beasiswa khusus untuk santri/ santriyah dari berbagai pondok pesantren dengan dibiayai full hingga lulus.

“Alhamdulillah, berkah doa dari orang tua, kiai, abah, ustaz-ustazah, guru dan orang-orang baik, tidak menyangka saya bisa diterima di salah satu kampus terbaik di Indonesia,” ujar Sinta Paramita Sari.

Dia mengatakan, hanya ada dua kuota untuk jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas). “Bersyukur sekali akhirnya saya terpilih dan diterima di jurusan Kesmas pada Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Kuotanya hanya dua,” kata santriyah kelahiran Jepara itu kepada Suaranahdliyin.com, Senin (18/7/2022) lalu.

Dia mengisahkan, untuk bisa lolos seleksi, persaingannya sangat ketat. “Ada beberapa rangkaian seleksi, mulai dari seleksi berkas dan administrasi, tes tertulis, wawancara (interview), wawasan kebangsaan, dan seleksi di kampus Simak-UI. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan akhirnya bisa lolos,” jelasnya.

Pengasuh Ponpes Duta Aswaja Kudus, KH Moch Tho’at Muhtar, bangga dan bersyukur atas raihan prestasi santri/ santriyah yang belajar di pondok yang diasuhnya. “Kami sangat bangga, dari awal melakukan pendampingan hingga akhirnya lolos.

“Ini prestasi luar biasa, dan pertama kali di Ponpes Duta Aswaja Kudus, ada santri/ santriyah yang lolos beasiswa PBSB Kemenag RI,” tutur KH Moch Tho’at Muhtar  yang juga wakil ketua MWC NU Kecamatan Bae itu sembari berpesan para santri/ santriyah senantiasa menjaga akhlak santri. (m alvin jauhari/ ros, adb, rid)

Comments