MTs Tarbiyatul Banin Winong, Pati
Satu-satunya Madrasah Swasta yang Raih Sahabat Madrasah Award 2021

0
319
Penerima Sahabat Madrasah Award 2021 foto bersama gubernur dan kepala Kemenag Jateng

SOLO, Suaranahdliyin.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Banin, Winong, Pati menerima piagam penghargaan dari Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah sebagai Pembina Utama dalam program Sahabat Madrasah Award Tahun 2021.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo SH MIP didampingi Kepala Kanwil Kemenag Jateng, H. Musta’in Ahmad SH MH dalam Rapat Kerja (Raker) 2022 Kanwil Kemenag Jateng di The Sunan Hotel Solo.

Pada kesempatan itu Ganjar Pranowo mengapresiasi Kemenag, yang berpartisipasi aktif dalam penanganan pandemi Covid di Jateng, dan mengawal program moderasi beragama, demikian juga dalam memajukan pendidikan madrasah.

“Banyak madrasah unggulan yang  hebat-hebat programnya. Seperti yang malam ini menerima penghargaan, ada unggulan tahfidz, sains, olahraga, akademik, dan riset. Ini sangat penting untuk menghadapi  tantangan masa depan yang semakin kompleks,” katanya.

Berdasarkan keputusan Kantor Kemenag Jateng, ada lima madrasah yang menerima penghargaan Sahabat Madrasah Award 2021. Sebagai Pembina Utama yaitu MAN 1 Banjarnegara, MAN 2 Banjarnegara, MAN 1 Kudus, MTsN 1 Pati dan MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati.

Sementara itu untuk katerori dalam Sahabat Madrasah Award ini ada tiga. Pertama, Sahabat Madrasah Pratama (memiliki prestasi tingkat kabupaten/provinsi/nasional; madrasah mitra/binaan/imbas sekurang-kurangnya 1 lembaga dan menjadi berprestasi akademik minimal tingkat kabupaten/kota);

Kedua, Sabahat Madrasah Madya (memiliki prestasi tingkat provinis/nasional, madrasah mitra/binaan/imbas sekurang-kurangnya 2 lembaga, dan menjadi berprestasi akademik minimal tingkat provinsi)

Ketiga, Sahabat Madrasah Utama (memiliki prestasi minimal tingkat provinsi/nasional, madrasah mitra/binaan/imbas sekurang-kurannya 3 lembaga dan menjadi berprestasi akademik tingkat minimal tingkat provinsi/nasional).

Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad, mengutarakan, sebagai salah satu langkah mewujudkan Kemenag Jateng Majeng, pihaknya tengah gencar menggaungkan program Sahabat Madrasah yang di-launching 2020 lalu. Ini untuk peningkatan mutu pendidikan, dengan mengembangkan potensi madrasah agar layanan pendidikan semakin membaik.

Kepala MTs Tarbiyatul Banin, Yusuf Hasyim, mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan kepada madrasahnya. “Alhamdulillah, kami satu-satunya madrasah swasta yang ditetapkan sebagai Pembina Utama Sahabat Madrasah Kemenag Jateng,” katanya.

Dia mengemukakan, penghargaan itu didedikasikan untuk seluruh sivitas akademika MTs Tarbiyatul Banin, khususnya madrasah-madrasah Sahabat Sains Banin yang semakin berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

“Kami berharap, MTs Tarbiyatul Banin sebagai Madrasah Unggulan Tahfidz dan Sains, semakin berprestasi dalam memajukan pendidikan madrasah,” tuturnya sebagaimana rilis yang diterima Suaranahdliyin.com. (rls/ gie, ros, adb)

Comments