Santri Jekulo Kenalkan Brand “Kopi Mbareng”

0
394

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Belakangan, dunia perkopian Nusantara kian ramai. Berbagai produk olahan kopi bemunculan, mulai dari kopi lokal yang diproses seadanya, hingga kopi yang berkualitas tinggi.

Hal sama juga terjadi di Kabupaten Kudus. Tak hanya memiliki Jenang dan Kretek, salah satu kabupaten terkecil di Jateng ini, ternyata juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi unggul, yakni di kawasan pegunungan Muria. Hanya saja, produk olahan lokalnya masih terbilang minim.

Berangkat dari kesadaran itulah, Komunitas Santri Mbareng, Jekulo, Kudus, ikut ambil bagian memopulerkan kopi Nusantara, dengan brand yang diluncurkan, yakni “Kopi Mbareng”.  Kopi ini diolah dari biji kopi yang ditanam di pegunungan Muria, tepatnya Rahtawu.

“Dengan mengusung tema kopi murni, kami berharap produk kopi ini bisa ikut memopulerkan kopi lokal Kudus, dan lebih khusus lagi mengenalkan Kopi Mbareng kepada publik secara luas,” terang Iskandar, salah satu pencetus Kopi Mbareng.

Dia mengemukakan, hadirnya Kopi Mbareng ini, sebagai langkah awal menghadirkan semangat entrepeneurship di kalangan santri yang notabene sebagai komunitas penggemar kopi, khususnya santri Mbareng. (gie/ ros, adb, rid)

Comments