Ratusan Pendekar dari Berbagai Daerah Ikuti Pencak Dor

0
3275
Dua pesilat putri bertarung di arena Pencak dor, Ahad pagi

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pencak Silat Nahdlatul Ulama ((PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Kudus menyelenggarakan Pencak Dor, di lapangan Merdeka Wergu Kota, Ahad (5/1/2020). Pencak Dor atau tarung bebas bagi para pesilat

Pencak Dor ini diikuti oleh lebih dari 200 pendekar, dari Kudus dan luar Kabupaten Kudus. Dari Kabupaten Kudus sendiri, pendekar Pagar Nusa yang ikut ambil bagian dalam event ini sebantak 70-an.

‘’Lainnya Sekitar 30-an dari Perguruan Silat Kera Sakti, Lindu Aji, Perguruan Persinas ASAD, PSHT dan Gasmi,’’ terang Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kabupaten Kudus, H. Husnul Khitam melalui sekretarisnya, Joni Prabowo S.Kom.

Sementara dari luar Kabupaten Kudus, sebanyak 110 pendekar berpartisipasi dalam tarung bebas tersebut. ‘’Dari luar Kudus, antara lain dari Pati, Semarang, Nganjuk, Bojonegoro, Ngawi, Kediri, dan Surabaya,’’ katanya.

Joni Prabowo mengutarakan, Pencak Dor di Kudus pada pekan pertama Januari 2020 ini, adalah yang pertama kali digelar di Kota Kretek. ‘’Namun menurut Ketua PCNU Kudus, H. Asyrofi, dulu sekitar tahun 1990-an, sempat ada Pencak Dor, namun sifatnya semacam eksibisi. Saat itu dihadiri Gus Maksum, yang sekaligus melantik Pagar Nusa Kudus di Muallimat,” lanjutnya.

Terkait penyelenggaraan Pencak Dor ini, sebut Joni Prabowo menambahkan, adalah sebagai sarana silaturahim antarpendekar silat, khususnya pendekar silat dari NU. ‘’Ini sekaligus sebagai upaya merawat tradisi Pencak Silat, yang merupakan beladiri asli Indonesia,’’ ujarnya.(ros,gie,adb/rid)

Comments