Asal Muasal Imam Al-Bushiri Menulis Kitab Burdah

0
964
Foto: Internet

Mahaguru ulama Nusantara, KH. Sholeh Darat, dalam ‘’mukaddimahnya’’ sebagaimana ditulis Amirul Ulum (2016), menjelaskan mengenai asal usul Kitab Burdah karya Imam Al-Bushiri.

Diceritakan, bahwa suatu ketika Imam Al-Bushiri mengalami sakit, yang mengakibatkan separoh badannya mati. Imam Al-Bushiri sudah ikhtiar berobat ke mana-mana, namun tak ada tabib yang sanggup mengobati penyakitnya.

Ia hampir putus asa, atas penyakit yang dideritanya. Lalu tebersitlah untuk mengarang sebuah syair Arab, yang berisi puji-pujian untuk Baginda Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wasallam.

Akhirnya, suatu ketika Imam Al-Bushiri bermimpi bertemu Rasulullah, yang kemudian oleh Rasulullah diobatilah peyakit Imam Al-Bushiri. Dan atas izin Allah Subhanahu wa Ta’ala, sembuhlah Imam Al-Bushiri dari penyakit yang dideritanya.

Syair Burdah karya Imam Al-Bushiri ini terdiri atas sebanyak 162 bait. Antara lain 12 bait pertama merupakan pendahuluan dan  maksud sang mushannif menulis syair tersebut. 16 bait selanjutnya mengulas tentang hawa nafsu.

Seterusnya, 30 bait berisi sanjungan (puji-pujian) kepada Baginda Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wasallam, 19 bait menjelaskan tentang Maulid Nabi Muhammad, dan 10 bait mengulas tentang orang-orang yang diajak Rasulullah masuk Islam. (ros/ adb, rid)

Comments