Presiden Jokowi Resmikan IJD di Blora

0
181
Jokowi meresmikan IJD di Kabupaten Blora

BLORA, Suaranahdliyin.com –  Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), meresmikan ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di ruas jalan Purwodadi-Wirosari-Blora, depan Kantor Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Selasa (23/1/2024).

Ruas jalan itu merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Blora. Sekaligus jalur alternatif di antara jalan pantau utara (Pantura) dan jalan pantai selatan (Pansela).

Selain ruas jalan tersebut, Presiden Jokowi juga meresmikan ruas Jalan Wulung-Klatak dan Jalan Randublatung-Getas Kabupaten Blora.

Presiden mengatakan, pada 2023, anggaran IJD untuk beberapa provinsi sebesar Rp 14,6 triliun. Anggaran untuk Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 1,36 triliun untuk 40 ruas jalan sepanjang 298,8 km di berbagai daerah.

“Khusus Blora Rp 257 miliar. Meliputi ruas jalan antara Purwodadi sampai ke Blora, ruas Jalan Wulung-Klatak, dan ruas Jalan Randublatung-Getas. Tadi saya sudah melihat sendiri dan jalannya sangat mulus,” kata Jokowi.

Dikatakannya, sudah bertahun-tahun Jalan Solo-Purwodadi-Blora selalu bergelombang karena tanahnya dinamis. Dia berharap, jalan IJD ini diharapkan bisa lebih awet karena menggunakan rigid beton.

“Tidak diaspal tetapi beton. Meskipun harganya lebih mahal tetapi kita pilih beton karena lebih awet dan panjang umurnya,” lanjutnya.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengemukakan, banyaknya ruas jalan yang diresmikan, akan memberikan manfaat bagi masyarakat, serta mendukung perekonomian dan transportasi.

“Kami berterima kasih kepada Presiden RI, yang telah meresmikan jalan antara Blora-Purwodadi sepanjang 65 km. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Nana Sudjana saat mendampingi Presiden Jokowi meresmikan tiga ruas jalan IJD tersebut.

Lebih lanjut Nana menambahkan, peresmian jalan tersebut telah dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Blora dan Grobogan. Sebab jalan itu sangat penting bagi peningkatan perekonomian dan transportasi masyarakat. (rls/ ros, rid, gie, adb, luh)

Comments