Pagar Nusa Pati Berangkatkan 100 Pendekar Ke Cirebon

0
1903
Pendekar Pagar Nusa Pati berangkat mengikuti acara ijazah kubro di Cirebon

PATI,Suaranahdliyin.com – Pengurus Cabang Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Kabupaten Pati memberangkatkan 100 pendekar  ke Cirebon-Jawa Barat Sabtu sore (27/01). Mereka akan mengikuti kegiatan Ijazah kubro yang diadakan Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa  hari Ahad  (28/01) sampai Selasa (30/01).

Para pendekar Pati ini akan berkumpul bersama ribuan kader Pagar Nusa dan warga NU  dari seluruh Indonesia yang bertempat di Lapangan Puser Bumi, Ciperna, Cirebon, Jawa Barat ini.

Menurut ketua PC  Pagar Nusa Edi Suyono mengatakan Ijazah kubro merupakan momentum penting  untuk diikuti  dengan tujuan untuk Bela Negara, serta bersilaturahmi kebangsaan,  persiapan batin dan mental spritual. Dikatakan, kegiatan ini sangat langka yang belum tentu diadakan setiap tahun.

“Bisa jadi agenda ini akan ada lagi 10-20 tahun, karena para kyai-kyai NU usianya sudah tidak lagi muda, sudah lanjut . Dan tahun depan saja belum tentu juga beliau bisa memberikan ijazahan kubro seperti yang akan dilaksanakan besok (Ahad hari ini-red),” katanya melalui rilis yang diterima suaranahdliyin.com, Sabtu (27/1/2018).

Selain itu, Ijazah Kubro merupakan pemberian lisensi kepada orang-orang yang datang untuk dibacakan doa pribadi dan doa untuk keselamatan bangsa dan negara.

“Selain agenda ijazahan tersebut Pagar Nusa menggelar Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Pagar Nusa, di tempat berbeda, tepatnya di Pesantren KHAS, Kempek, Cirebon, Jawa Barat,” imbuh Edi yang juga murid Gus Maksum.

Sejumlah kyai yang akan hadir di antaranya, KH. Maimoen Zubair, KH Nawawi Abdul Jalil, KH Ratu Bagus Syah Ahmad Syar’i Mertakusuma, KH Said Aqil Siroj, serta para kyai lain dari berbagai daerah.(adb)

Comments