MTs Salafiyah Kajen Isi Ramadan dengan Musabaqoh Qiroatul Kutub

0
382
Qiraatul Kutub MTs Salafiyah Kajen

PATI, Suaranahdliyin.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Kajen Pati mengadakan musabaqah qiroatul kutub (MQK) untuk kelas VII dan VIII, Kamis (23/05/19). Bertempat di gedung MTs Salafiyah Kajen itu sendiri, kegiatan ini digelar dalam rangka haul ke-37 pendiri Salafiyah KH Baedlowi Siraj dan Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1440 H.

Mengambil tema “Membangun Peradaban Melalui Tradisi Keislaman Ulama Salaf” MQK ini diikuti oleh 33 siswa untuk diseleksi menuju babak final. Adapun kitab yang diujikan yaitu Fathul Qorib karangan Imam Abu Syuja’ dan kitab Ta’lim Muta’alim karangan Syekh Zarnuji.

“Teknis pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap seleksi yang diikuti oleh 33 siswa, kemudian yang lolos akan masuk ke babak final yang diambil masing-masing 6 siswa dari kelas unggulan maupun reguler,” kata Kepala MTs Salafiyah, Ahmad Ruman Masyfu’ SH MSi.

Santri salafiyah Kajen tengah mengikuti Musabaqah Qiroatul Kutub

Selanjutnya, Ruman mengatakan kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan semangat santri untuk mempelajari dan membaca kitab turats. Menurutnya, demikian ini juga termasuk upaya melestarikan tradisi pembelajaran pesantren Salafiyah sebagaimana ajaran para pendiri.

“Wadah untuk santri berkompetisi ini penting untuk melestarikan tradisi pembelajaran pesantren zaman awal berdirinya madrasah Salafiyah terdahulu,” ungkapnya.

Sebelum lomba dimulai, seluruh santri dikerahkan untuk melaksanakan salat dluha dan doa bersama di halaman madrasah. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan apresiasi para tokoh MTs Salafiyah Kajen.

“Semoga baik yang ikut lomba maupun mustami’ (pendengar-red), semuanya mendapatkan barokah dan manfaat dari acara ini,” ujar Ruman Masyfu’ diamini seluruh hadirin.(oim/rid)

Comments