Mengharukan, Penyandang Disabilitas Kibarkan Merah Putih dari Kursi Roda

0
702
Dengan mengendarai kursi roda, pengibaran bendera merah putih dilakukan

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Upacara memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, digelar oleh para penyandang disabilitas di depan Balai Desa Melati Lor, Kecamatan Kota, Kudus pada Rabu (17/8/2022) pagi sekira pukul 10.00 WIB.

Menyaksikannya, tentu sangat mengharukan. Dengan keterbatasannya, para penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus ini semangat dan tak mau ketinggalan merayakan kemerdekaan RI, sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa.

Diinisiasi oleh Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK), upacara ini diikuti tak kurang dari 50 peserta. Suasana haru nampak, saat pengibaran bendera merah putih, yang dilakukan para pengibar dengan mengendarai kursi roda.

Rismawan Yulianto, ketua FKDK mengungkapkan, kegiatan ini untuk menunjukkan, bahwa orang-orang difabel juga dapat berkontribusi serta ikut serta merayakan dan menyemarakkan kemerdekaan.

“Dengan segala keterbatasan yang ada, kami juga ingin berkontribusi ke negara dengan menggelar upacara pengibaran bendera ini. Selain itu kami juga berharap dapat meneladani pejuang kemerdekaan yang sudah memperjuangkan negara ini,” katanya.

Tak hanya upacara pengibaran bendera, pihaknya ini juga memanfaatkan momentum kemerdekaan RI dengan menggelar serangkaian lomba, sebagai bentuk apresiasi dan meningkatkan kerukunan antarsesama penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas mengikuti upacara HUT ke-77 RI, kemarin

Lomba yang digelar di antaranya balap kelereng memakai kursi roda, make up dengan mata tertutup, makan kerupuk dan lempar tepung. (aisyah hasna muffidah/ syim, adb)

Comments