Musim Hujan dan Dampak La Nina
LPBI NU Jateng Tegaskan Siap Ikut Siaga Hadapi Ancaman Bencana

0
436
LPBINU) Jawa Tengah turut serta dalam Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana pada Musim Hujan dan Dampak La Nina Jateng, di halaman kantor gubernur, Selasa (9/11/2021)

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jawa Tengah turut serta dalam Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana pada Musim Hujan dan Dampak La Nina Jateng, di halaman kantor gubernur, Selasa (9/11/2021). LPBI NU pun siap mengajak masyarakat untuk selalu waspada akan ancaman bencana yang bisa muncul.

“Bantu lewat Ponpes, lewat Masjid, sampai Mushola. Siarkan saja daerah-daerah rawan banjir, rawan longsor. Awas hujan, ayo ngungsi, siapkan saja, tapi di tempat-tempat yang diatur jaraknya,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat cek personel LPBI NU Jateng.

Ganjar sendiri menyiagakan semua personel untuk menguatkan kesiapan menghadapi situasi terburuk ketika terjadi bencana alam. “Kita dari Forkopimda, hari ini menyiagakan seluruh pasukan masing-masing, agar Jawa Tengah siap menghadapi situasi yang terburuk,” tegasnya.

Dikatakannya, hal yang paling penting dalam kesiapsiagaan adalah edukasi, termasuk dalam menggunakan early warning system (EWS). Dia menyontohkan alat yang paling sederhana, yakni kentongan serta ilmu titen. “Kalau di desa itu kabeh ngerti (semua memahami), niteni (mengingat), kalau cuaca ini harus seperti apa dan seterusnya,” terangnya.

Ketua LPBI NU Jateng, Winarti, mengatakan, LPBI NU sebagai perangkat organisasi NU terus berupaya berpartisipasi dalam pengurangan risiko bencana, tanggap darurat. “Termasuk tindak lanjutnya untuk sosial dan kemanusiaan,” katanya. (gie, ros, mail, rid/ luh, adb)

Comments