Ketua Yayasan Salafiyah Apresiasi Pembelajaran Falak bagi Peserta Didik

0
382
Peserta didik mengikuti praktik rukyatul hilal di Pantai Kartini, Jepara, kemarin.

PATI, Suaranahdliyin.com – Puluhan Santri Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen belum lama ini melakukan praktik rukyatul hilal. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam penguasaan ilmu falak. Praktik rukyat dilangsungkan di Pantai Kartini Jepara, Senin (28/10/2019).

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan peserta didik memiliki pengalaman langsung dalam mempelajari tentang perbintangan, penanggalan dan perhitungan tahun, seperti mempelajari penentuan masuknya awal bulan Hijriah.

Menggunakan peralatan Teodolit, praktik rukyat yang diikuti sekitar 75 peserta didik itu, dipandu oleh pengasuh Pondok Pesantren Sirojul Hanan, Jekulo, Kudus yang juga pengajar Ilmu Falak IAIN Kudus, ilmu falak dan KH. Agus Yusrun Nafi’.

KH. Abdul Kafi, kepala madrasah, mengutarakan, praktik rukyat bertujuan agar peserta didik mendapatkan pengalaman baru melalui rukyatul hilal secara langsung dipandu oleh pakarnya.

‘’Proses pembelajaran tidak cuma kepada peserta tidak hanya diberikan secara teoritis dan hafalan saja, juga praktik langsung. Dengan itu pula, wawasan dan keterampilan bertambah dengan praktik atau mengaplikasikan teori yang telah didapat,’’ tuturnya.

Pembelajaran falak yang positif itu pun mendapatkan respons positif dari KH. Ghufron Halim, Ketua Yayasan Salafiyah. ‘’Kami sangat mendukung kegiatan ini, dan semoga bermanfaat serta membawa barokah untuk semua,’’ harapnya. (rls, rif/ adb, ros)

Comments