Ketua PCNU Brebes Ajak Guru Ma’arif Amalkan Kitabnya Mbah Hasyim

0
744
Ketua PCNU Brebes, KH. M. Aqsho menyampaikan sambutannya dalam Rakerdin V LP Ma’arif NU Jawa Tengah

BREBES, Suaranahdliyin.com – Ketua Tanfidziyah PCNU Brebes KH. M. Aqsho mengajak semua guru maupun tenaga kependidikan di bawah LP Ma’arif NU untuk mengamalkan kitab karangan pendiri NU, Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari.

Kitab yang dimaksud yakni Adab al-’âlim wa al-Muta’allim yang berisi tentang konsep pendidikan. Kitab ini selesai disusun hari Ahad pada tanggal 22 Jumaday al-Tsâni tahun 1343 H.

“Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari menulis kitab ini untuk guru dan harus diamalkan,” kata KH. M. Aqsho dalam pembukaan Rapat Kerja Dinas LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah di Aula Islamic Centre Brebes, Sabtu (22/2/2020) pagi.

Keharusan untuk mempelajari dan mengamalkan kitab tersebut, kata Aqsho, untuk meningkatkan spirit guru-guru Ma’arif NU dalam mendidik siswa-siswinya. Lebih lanjut, mengamalkan konsep dalam kitab tersebut juga sebagai ikhtiar menyambungkan sanad kependidikan dari Mbah Hasyim kepada para santri atau siswa-siswi di madrasah.

“Kalau kita mau mempelajari kitab itu tentu akan luar biasa hasilnya. Dalam proses mengajar misalnya,Mbah Hasyim menuliskan bahwa guru harus bersuci dulu, berdoa, memakai wangi-wangian, dan diniatkan karena Allah Ta’ala,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi program-program ‘lompatan’ LP Ma’arif Jawa Tengah. Menurutnya, meski belum lama dalam masa jabatan kali ini bisa progresif dan mengayomi jajaran pengurus LP Ma’arif NU di tingkatan cabang.

“Kami bangga karena Ma’arif hari ini, karena sudah bagus dengan program dan kegiatan yang luar biasa. Alhamdulillah kemarin juga sudah ada deklarasi Brebes Inklusi,” lanjutnya.

Rakerdin Kelima ini diikuti peserta dari Kepala Madrasah/Sekolah dari Wilayah IV yaitu Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes.

Hadir pula Rais Syuriah PWNU Jawa Tengah KH. Ubaidullah Shodaqoh, Sekretaris PWNU Jawa Tengah KH. Hudallah Ridwan Naim, Ketua LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah R. Andi Irawan, dan Bupati Brebes yang diwakili Staf Ahli Drs. H. Masykuri, MM.

Sementara itu, Ketua LP Ma’arif PWNU Jateng R. Andi Irawan mengapresiasi PCNU Brebes dan LP Ma’arif PCNU Brebes yang bisa menyiapkan acara sehingga berjalan dengan baik. “Kesiapan PCNU Brebes, dan LP Ma’arif PCNU Brebes yang luar bisa, menjadi tuan rumah Rakerdin ini, menunjukkan bahwa PCNU di bawah Kepengurusan HM. Aqsho ini solid dan kompak,” kata Andi. (Ibda/rid, adb)

Comments