Karang Taruna – IPNU-IPPNU Kertomulyo Adakan Sekolah Pemuda 

0
427
Para pemateri sekola pemuda desa Kertomulyo

PATI,Suaranahdliyin.com – Pengurus Karang Taruna bekerjasama IPNU-IPPNU Desa Kertomulyo Trangkil Pati menyelenggarakan kegiatan sekolah pemuda desa, Jum’at, (10/01/2020). Kegiatan yang bertempat di Bakai desa Kertomulya itu diikuti pemuda-pemudi desa setempat dan sekitarnya.

Menurut Ketua Panitia Moh Abid, sekolah pemuda yang mengambil tema “Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan dan Prioritas Penggunaan Dana Desa merupakan pertama kali digelar di Kertomulyo. Tujuannya agar bisa menggerakkan pemuda desa untuk lebih berperan aktif dan optimal dalam membangun desanya masing-masing.

“Harapannya, kegiatan sekolah pemuda desa ini bisa berkelanjutan dan menyebar luas ke desa-desa se-Kabupaten Pati.”ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini terinspirasi oleh Pemuda Desa Kertomulyo yang pernah mengikuti acara serupa tingkat Jawa Tengah di Yogyakarta tahun 2019 lalu.  “Waktu itu, acaranya sendiri didukung oleh Kemendes DIY,  KPK serta Komunitas Ketjil Bergerak Yogyakarta dan diikuti peserta dari berbagai Kabupaten di Jawa Tengah.”jelas Abid.

Kepala desa Kertomulyo Kuswanto saat membuka acara mengatakan pemuda desa harus berperan aktif dalam pembangunan desa karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa ini.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, pemuda harus aktif dalam pembangunan,”tandasnya.

Kegiatan ini diisi oleh 2 pemateri dari Ketua Karang Taruna Kecamatan Trangkil Andi Hermanto dan Anggota BPD desa Kertomulyo keduanya memaparkan tentang kebijakan pembangunan desa dan partisipasi pemuda desa.

Selain itu, untuk memudahkan pemahaman peserta dibuatlah forum diskusi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok menyusun rencana-rencana program pembangunan desa kedepan sebagai  bentuk simulasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Desa.(salman/adb)

Comments