Kader GP Ansor – Banser Kota Ziarahi Makam Leluhur

0
468
Para pengurus dan kader GP Ansor – Banser Kota di Kabupaten Kudus mengabadikan kebersamaan sebelum menziarahi makam salah satu leluhur

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Momentum Syaban 1443 H, pengurus dan kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor dan Satkoryon Banser Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus menziarahi makam para leluhur yang ada di Desa/ Kelurahan di wilayah Kecamatan Kota, belum lama ini.

Beberapa makam leluhur di wilayah Kecamatan Kota yang diziarahi, yaitu makam Simbah Rogo Sejati (Panjunan), Simbah Surgi (Singocandi), Simbah Wijil (Purwosari) dan Pangeran Puger (Demaan).

Selanjunya adalah makam Simbah Pondok Sarbini (Wergu Wetan), Simbah Gamong (Rendeng), Simbah Jekso (Kajeksan), Simbah Melok Penden (Kramat), Simbah Juwanolo (Demangan), Simbah Kiai Telingsing (Sunggingan), makam Bupati pertama di Kudus (Desa Kaliputu). Tak ketinggalan, tentunya, makam dua anggota Wali Songo di Kudus, yakni Kanjeng Sunan Kudus dan Kanjeng Sunan Muria.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kota, M Izul Ma’ali, ziarah ke makam leluhur ini baru pertama kali dilakukan sejak 2016 pasca vakum. “Ini kegiatan yang positif, karena menjadi sarana mengakrabkan para pengurus dan kader,” katanya sembari berharap kegiatan itu bisa istikamah digelar.

Saat menziarahi salah satu makam leluhur di wilayah Kecamatan KOta

Hal senada disampaikan Komandan Satkoryon Banser Kota, Nurul Anwar. “Alhamdulillah, antusisasme pengurus dan kader GP Ansor dan Banser luar biasa. Ziarah ini sekaligus untuk napak tilas dan mengenang perjuangan para leluhur,” ujarnya. (ghufron/ ros, gie, adb)

Comments