Hikmah Menyertakan Basmallah Dalam Setiap Urusan

0
436
Gus Qoyyum mauidhah hasanah di Blora

BLORA, Suaranahdliyin.com – Ketika hendak melakukan sesuatu, kita dianjurkan untuk mengawalinya dengan membaca basmalah. Ada banyak keutamaan dan hikmah di balik kalimat bismillahirrohmanirrohim.

Hal ini disampaikan oleh KH Abdul Qoyyum Mansur (Lasem) dalam acara Haflah Khotmil Qur’an Wa Haul Masyayikh Pondok Pesantren Khozinatul ‘Ulum Blora, Rabu (23/03/2022).

Pada kesempatan itu, KH Abdul Qoyyum menyampaikan keistimewaan huruf ba’ dan bismillah di dalam Al-Qur’an.

“Ada 11.490 huruf ba di Al-Qur’an, satu huruf di awal terdapat dalam lafal bismillah selain itu di pembuka surat,”papar Gus Qoyyum, sapaan akrabnya.

Gus Qoyyum melanjutkan, menurut Prof Abdurrohman Habangkah Almaidani, tiga keadaan yang sangat dianjurkan untuk membaca basmalah, yang pertama ketika memohon pertolongan kepada Allah.

“Kalau mau melakukan apapun supaya mengawali dengan bismillah, ketika melakukan lalu lintas transportasi dengan bismillahi majreha wa mursaha,” jelasnya.

Lebih lanjut, keadaan kedua adalah ketika mengadakan surat menyurat diplomasi, baik itu diplomasi politik, surat penting, antar institusi, antar lembaga menggunakan bismillah. Hikmahnya, kata KH Mansur, segala urusan akan dimudahkan.

Bismillah dalam awal surat Al-Fatihah, mencakup semua permasalahan. Dianjurkan pula, ketika belajar dan membaca ilmu pengetahuan juga harus diawali dengan membaca basmalah.

“Sebab bismillah dapat memudahkan masuknya ilmu,” imbuhnya.

Kendati demikian, orang yang ingin mendapat hikmahnya bismillah perlu tirakat terlebih dahulu. Bismillah juga harus disertai dengan sifat tata krama dan sopan santun. Sehingga barokah dari bismillah tidak hilang.

“Bismilah mengantarkan dari menderita menuju bahagia, dari kesedihan menuju ilmu pengetahuan, dan dari kesempitan menuju kelapangan,”terang Gus Qoyyum.(sim/rid)

Comments