Dies Natalis ke-54
Ini Gambaran Makro Pencapaian INISNU Temanggung

0
794
Dies natalis, INISNU memberikan penghargaan kepada sejumlah dosen

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com –Pada Sidang Senat Terbuka puncak perayaan Dies Natalis ke 54 Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung, Sabtu (20/4/2024), Rektor INISNU Dr. KH. Muh. Baehaqi melaporkan pencapaian kinerja tahunan kampus. Laporan ini memberikan gambaran makro dalam menerapkan prinsip empat aspek dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi.

“Sebagai bagian dari tanggung jawab akademik terkait perkembangan INISNU, kami dengan senang hati menyajikan laporan tahun 2023-2024. Laporan ini terdiri dari penerapan Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah,”katanya.

Pada aspek pendidikan-pengajaran, INISNU telah memiliki 6 Prodi S1 dengan akreditasi baik sekali dan B sebanyak 3 Prodi, dan 3 Prodi terakreditasi Baik menuju reakreditasi. Selain itu, sejak 2023 INISNU telah membuka Prodi S2 Hukum Keluarga Islam yang sedang proses akreditasi.

“Tahun ini, insyallah izin operasional Prodi S2 Pendidikan Agama Islam akan turun karena kemarin sudah tahap validasi BAN-PT dari LAMDIK untuk kemudian dikeluarga KMA izin operasionalnya,” kata Rektor.

Pada aspek peninjauan dan pengembangan kurikulum, pihaknya terus memperbarui kurikulum dari kurikulum pendidikan tinggi mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Paradigma Keilmuan Integrasi-Kolaborasi dengan skema Anyaman Ilmu, Collaboration of Science, Takatuful Ulum, dan Manhaj Aswaja Annahdliyah.
“Hal itu untuk memastikan relevansi dengan kebutuhan pekerjaan, masyarakat, industri, dan tuntutan zaman.”tandanya.

Ia juga membeberkan capaian pendidikan dan pelatihan dosen, peningkatan mutu dosen, percepatan studi lanjut dan kenaikan jabatan fungsional dosen menuju Lektor Kepala dan Guru Besar. “Dari total 42 dosen tetap, sudah ada 10 doktor, 10 calon doktor yang baru dan tinggal menunggu sidang terbuka di kampus dalam dan luar negeri.

“Sedangkan percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen menuju Lektor Kepala – Guru Besar, kita akan mulai tahun ini dengan sistem online karena harus melalui aplikasi di Kemenag RI dan Kemdikbudristek,”kata KH.Baehaqi.

“Selain itu, banyak dosen yang berkompetisis beasiswa studi lanjut di dalam dan luar negeri, seperti Beasiswa 5000 Doktor, Beasiswa LPDP dalam dan luar negeri, beasiswa penyelesaian studi dari LPDP Kemenag, dan beasiswa dari BPP INISNU.”imbuhnya.

Pada peningkatan kualitas mahasiswa, INISNU telah menjalin kerjasama dengan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia. Banyak pula mahasiswa mendapatkan kejuaraan seperti Masykur Azka Farkhan mahasiswa Ekonomi Syariah mendapatkan Medali Perunggu dalam Kejuaraan Kompetisi Eduka 2023 – Wawasan Dunia, Peraih Medali Perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional (PESONA), Peraih Medali Perak dalam Kejuaraan Olimpiade Sains Nasional (Kompetensi Sains Indonesia) Sejarah Tingkat Nasional. Kemudian Miftachul Jannah, Juara II Lomba Speech Contest dalam Dies Natalis STIKES Wira Media Bali tahun 2023.

Disebutkan juga Anas Rodin mahasiswa Prodi PAI, Juara 3 Lomba Dai Nasional di UIN Walisongo 2023, Juara 2 Lomba Pidato UIN Salatiga 2023, Juara 3 Lomba Seni Islami Stand Up Comedy oleh Pesantren Universal Al-Islami Bandung 2023, Penulis Terpilih pada Event Puisi oleh Awanarasi 2023. Mar’atussolichah, mahasiswa PGMI yang menulis artikel “Benkangen game: Digital media in elementary school Indonesian language” yang dimuat di Journal of Education and Learning (EduLearn) Volume 18 No. 2 2024, jurnal internasional terindeks Scopus.

Selain itu juga mahasiswa Prodi PGMI yaitu Mar’atussolichah Mar’atussolichah, Trifka Dila Fadhilah, Nurma Febri Rakhmawati berhasil menerbitkan artikel di International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE) Volume 14 No. 3 2024 dengan judul “Simaksaja: visual novel game with TyranoBuilder software for Islamic moderation in elementary schools” yang terindeks Scopus Q3.

Kemudian juga mahasiswa Prodi PGMI yaitu Muhammad Naufal Hilmi, Sufi Saniatul Mabruroh, Arjaul Anzakhi, Trifka Dila Fadhilah berhasil menerbitkan artikel bersama dosen berjudul “Inclusive Education Based on Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) in Elementary School” pada Pegem Journal of Education and Instruction, 14 (3) 2024 terindeks Scopus Q4.

“Program pembinaan, peningkatan keterlibatan mahasiswa, program kewirausahaan, dan bentuk lain juga telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas mahasiswa.”imbuhnya.

Pada capaian Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Publikasi, INISNU mendorong dosen melakukan kompetisi riset dan PkM eksternal. Pada tahun 2023 telah lolos 10 dosen di hibah riset dan PkM Kemenag RI, dan 1 dosen lolos hibah riset BRIN, dan total riset internal dan eksternal sejumlah 22 penelitian. “BPP INISNU juga telah menyalurkan Rp. 100.000.000 untuk alokasi dana hibah riset dan puluhan juta insentif publikasi ilmiah,” kata Rektor.

“Kita telah memperluas kemitraan dengan institusi lain dan industri untuk meningkatkan kolaborasi penelitian, dan tahun ini sudah mulai dengan PRAK BRIN, UNY, Polres Temanggung, dan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) Malaysia,”terang Baehaqi.

Untuk capaian publikasi, tercatat kurun 2023-sekarang ada 14 artikel tembus Scopus, dan publikasi nasional dan internasional oleh dosen dan mahasiswa sebanyak 114 artikel juga ada prosiding konferensi internasional.

Untuk PkM sendiri, tercatat ada 43 PkM. Selain itu, banyak dosen aktif menjadi Fasilitator Sekolah Penggerak, Fasilitator Madrasah Reform Program Kemenag-World Bank, Fasilitasi Sertifikasi Produk Halal, Reviewer di Jurnal Nasional dan Internasional, serta kerjasama dengan pemerintah daerah.

Sedangkan capaian pada Bidang Aswaja Annahdliyah, INISNU telah melakukan integrasi Manhaj Aswaja Annahdliyah ke dalam kurikulum. “Aswaja Annahdliyah menjadi nilai-nilai dan manhajul fikr yang diintegrasikan di dalam pendidikan-pembelajaran, menjadi mata kuliah, penugasan, dan juga internalisasi nilai melalui beragam kegiatan,” kata dia.

Ditambahkan INISNU juga telah melakukan upaya pembiasaan dan pembudayaan, dan penguatan kelembagaan PKAN dan laboratorium. Tahun 2023-sekarang, imbuh dia, merupakan tahun yang penuh tantangan dan prestasi bagi INISNU dalam menerapkan prinsip Catur Dharma Perguruan Tinggi.

“Melalui upaya bersama seluruh elemen kampus, kami berhasil mencapai berbagai pencapaian signifikan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Aswaja Annahdliyah. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan dampak positif kami dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan jangka panjang yaitu menjadi Universitas. Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kerjasamanya,”katanya.(ibd/adb)

Comments