Hadapi Konfercab XII, PR-PAC Ansor Laksanakan Akreditasi Organisasi

0
1047
Ketua PBNU H.Nusron Wahid hadir dalam acara Pra Konfercab GP Ansor Kudus di Ponpes Nashrul Ummah Mejobo, Sabtu malam (11/1/2020)

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Sebanyak 98 Pimpinan Ranting (PR) dan 9 Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kudus telah melaksanakan akreditasi organisasi. Hal ini menjadi persyaratan mengikuti Konferensi Cabang (Konfercab) XII GP Ansor Kabupaten Kudus, 19 Januari 2019.

Sekretaris PC GP Ansor Kudus Ngadimin menjelaskan akreditasi bertujuan mengukur perkembangan organisasi pada tingkat PAC sampai Ranting serta untuk mendisiplinkan organisasi terutama aspek administrasi. Disamping itu, akreditasi merupakan amanat Peraturan Organisasi GP Ansor yang mengacu dari keputusan Kongres XV di Yogya sebagai persyaratan untuk melaksanakan konferensi.

“Dari akreditasi ini supaya Ansor semua tingkatan benar-benar berjalan dinamis tidak hanya sekadar mempunyai SK pengurus. “ujarnya kepada suaranahdliyin.com,Ahad (12/1/2020)

Ngadimin mengatakan tolok ukur akreditasi dinilai dari keaktifan ranting/anak cabang pada kegiatan sosial keagamaan, perekrutan keanggotaan secara massif, mempunyai anggota banser dan unit khusus dan memiliki amal usaha produktif.

“Dari data yang sudah mengikuti akreditasi sebanyak 9 PAC dan 98 dari 121 ranting,”imbuhnya.

Mengenai hasilnya, terang dia, untuk akreditasi PAC yang dilakukan Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah telah keluar nilainya pada Sabtu (11/1/2020). Sementara untuk ranting masih berlangsung proses penilaiann.

“Mereka yang terakreditasi nantinya ikut peserta dan memiliki hak suara dalam konfercab Ansor Kudus. Yang belum, hanya bisa sebagai peserta namun tak memiliki hak suara.”jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, Konfercab XII GP Ansor Kudus akan berlangsung di MtsNU Miftahul Falah Cendono Dawe, Ahad malam (19/1/2020). Rangkaian sebelumnya, Sabtu (11/1/2020) pra konfercab membahas materi Konfercab di Pondok pesantren Nashrul Ummah Mejobo.

Pada Ahad Siang (19/1/2020), Banser Kudus menggelar apel 10.000 pasukan di Alun-alun Kudus mulai pukul 13.00 Wib dilanjutkan ziarah ke makam Muassis Nu. Ahad Malam harinya Konfercab mulai pukul 19.00 Wib.(adb/ros)

 

 

Comments