Darusan Umum Masjid Menara Kudus
Gus Umam: Hati-hati Terhadap Empat Godaan dalam ibadah

0
1113
Kiai M. Islahul Umam dalam Darusan Umum Pengajian 17an Masjid Menara Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pada malam kedua Darusan Umum Pengajian Pitulasan Masjid Menara Kudus Kamis (14/3/2024), Ketua Aswaja Center Kudua Kiai M. Islahul Umam menyampaikan mauidhah hasanah  perihal ibadah.

Gus Umam mengatakan bahwa ibadah terbagi macam-macam jenisnya, ada ibadah puasa, sholat, menolong orang, dan masih banyak yang lainnya.

“Allah menciptakan berbagai Ibadah yang banyak tujuannya supaya manusia tidak merasakan bosan dalam beribadah”terangnya di hadapan jamaah pengajian di Gedung Menara Kudus itu.

Ia juga menjelaskan keutamaan ibadah sebagai salah satu cara untuk manusia agar lebih semangat dan tidak memikirkan kehidupan dunia.

“Seperti dalam kitab Minhajul Abidin menerangkan bahwa orang yang berhasil melewati rintangan dalam ibadah, akan dimudahkan Allah dalam melaksanakan ibadah lain”jelasnya.

Gus Umam juga menerangkan bahwa ada 4 godaan yang bisa menghalangi ibadah sebagaimana dijelaskan dalam kitab karangan Imam Al-Ghazali.

“Kita harus berhati-hati terhadap ke 4 godaan ini, yaitu dunia, manusia, setan, dan hawa nafsu,”ungkapnya.

Diakhir ceramahnya, Gus Umam menjelaskan 3 amal yang tidak terputus dari kehidupan manusia, diantaranya shodaqoh jariyah, ilmu bermanfaat, dan anak Sholeh.(Choirul/adb)

Comments