Gelar Rakorwil II, Inilah Capaian Kinerja LP. Ma’arif NU Jateng

0
221
Ketua PW LP Ma’arif Jawa Tegah melaporkan kinerja dalam Rakorwil II

SEMARANG,Suaranahdliyin.com – Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah periode 2018-2023 menggelar Rapar Koordinasi Wilayah II di Hotel Muria Semarang, Ahad (27/3/2022). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mengoordinasikan program selama sisa periode.

Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah R. Andi Irawan, M.Ag., mengatakan bahwa LP. Ma’arif merupakan adalah lembaga di bawah Nahdlatul Ulama yang dibentuk untuk melayani lembaga pendidikan formal. “Kami selama tiga tahun telah melakukan peningkatan mutu dan layanan pendidikan,” beber dia.

Pertama, Ma’arif telah punya databased bernama SIMNU dan server. “Ini bukan sekadar era digital, namun problem kita adalah soal data dan kita sudah memiliki data sekolah dan madrasah Ma’arif NU se Jawa Tengah berkaitan dengan guru, siswa, peringkat akreditasi dan seterusnya bahkan jumlah anak inklusi/ABK kita punya datanya,” ujar dia.

Kedua, kita telah melakukan penguatan ideologi Ahlussunnah Waljamaah melalui revisi kurikulum, penerbitan buku dan diklat guru Ke-NU-an. Ketiga, kita melakukan diklat kepala sekolah dan kepala madrasah dan sudah ada 200 madrasah dan 71 kepala sekolah, Tim Penggerak Ma’arif dari pengawas sekolah dan madrasah se Jawa Tengah. Ke depan perlu adanya tim penjamin mutu di masing-masing cabang.

Keempat, kita telah melakukan Gerakan Literasi Ma’arif (GLM) melalui jurnal, buku, majalah, youtube dan website yang selalu aktif setiap hari. Kelima, kita punya program LSP P2 dan sudah ada 200 SMK se Jateng sudah gabung. Kelima, kita punya program pendidikan inklusi yang dulu bekerjasama dengan UNICEF yang ini menginisiasi lahirnya Forum Pendidik Madrasah Inklusi (FPMI) yang diberikan SK oleh Kemenag RI.

“Termasuk program Porsema dan Oskanu dan lainnya yang kemarin terlaksana secara online,” ujar Andi. Pihaknya berharap agar kegiatan itu memberikan manfaat, memberikan kemajuan dan kejayaan Ma’arif.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Jawa Tengah Drs. KH. Muhamad Muzammil, dan hadir secara virtual Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PBNU Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. Dalam kesempatan itu, hadir pengurus LP. Ma’arif NU PWNU Jateng dan pengurus LP. Ma’arif NU PCNU se Jawa Tengah. (Ibda/adb).

Comments