Bahasa Miliki Peran Pengembangan Karakter Bangsa

0
1719
Pembicara Sari Hernawati dalam kajian dialogis Bahasa di TVRI Jawa Tengah

SEMARANG,Suaranahdliyin.com – Bahasa mempunyai peran penting dalam pengembangan karakter bangsa. Dengan budi bahasa maka seseorang dapat dibentuk dan dikembangkan karakternya.

Hal ini disampaikan Asisten Direktur I PPs Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) Dr. Sari Hernawati, M.Pd. dalam acara kajian dialogis dengan tema “Bahasa sebagai Pengembangan Karakter Bangsa”di TVRI Jawa Tengah, Selasa (17/9). Kegiatan yang dikemas program Bina Bahasa ini diadakan TVRI Jateng bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Unwahas.dan diikuti para mahasiswa dan dosen.

Hernawati mengatakan Bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi juga integrasi dan adaptasi.” Maka pendidikan bahasa harus menjadi tanggungjawab semua elemen masyarakat, bukan sekadar melalui pengajaran oleh guru Bahasa Indonesia”, tegasnya.

Dikatakan pendidikan bahasa memberikan muatan karakter dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar agar keterampilan berbahasa bisa dimulai di lingkungan keluarga hingga masyakat dan bangsa.

“Karakter seseorang dapat dilihat dari segi caranya bertutur kata. Martabat bangsa terletak pada tingkat kehalusan bahasanya.”paparnya.

Rektor Unwahas Prof. Dr. H. Mahmutarom HR., S.H., M.H, yang hadir dalam kegiatan tersebut, program ini digelar dengan missi agar mahasiswa sebagai generasi muda dapat berbudi bahasa secara benar dan baik.

“Karena bahasa merupakan “jantung” kebudayaan,”ujarnya.

Suasana Kajian Dialogis TVR-Unwahas

Oleh karena itu, menurutnya,  pendidikan bahasa harus dibudayakan secara optimal agar generasi muda mencintai bahasanya sendiri daripada bahasa bangsa lain. Termasuk juga dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar”.

“Dengan demikian, karakter bangsa Indonesia yang berbudi luhur, sopan, dan santun dapat terwujud dan lestari di bumi pertiwi,”tandas Mahmutarom.(syakur/adb)

Comments