Ansor Nalumsari Latih Kader Jadi Youtuber

0
686
M. Irvan menyampaikan tips menjadi youtuber di Nalumsari Jepara.

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda Ansor desa Nalumsari Jepara menggelar pelatihan literasi digital, Jum’at siang (30/12/2022). Pelatihan yang bertempat di gedung Serbaguna Nalumsari itu mengangkat tema “Rahasia Youtuber Pemula Dapatkan 20 Juta Pertama”.

Pelatihan menghadirkan dua nara sumber Youtuber Dakwah M. Anwar Yasfin dan praktisi media Irvan Maria Hussein dari Kudus. Para peserta sebagian besar kader dari organisasi kepemudaan yang ada di Nalumsari antara lain Karang Taruna, Fatayat NU, Pemuda Muhammadiyyah, IPNU, IPPNU dan sebagainya.

Irvan Maria Husein menyampaikan, untuk menjadi Youtuber sukses harus memilki niat yang kuat dan juga gabung komunitas
“Buat Akun lebih dari satu, kemudian manfaatkanlah hari dan tanggal penting untuk upload konten yang bagus,” terangnya.

Husein memberiksn tips untuk membuat postingan konten diwaktu tertentu. “Misalnya upload konten dua atau tiga kali dalam seminggu,”tambahnya.

Hal senada juga disampaikan M. Anwar Yasfin, Ia menerangkan bahwa sebelum menjadi Youtuber  harus menentukan target penonton terlebih dahulu.

“Kalau sasaran kita kebanyakan adalah pelajar berusia 12-18 tahun, kita bisa mengupload video tentang tutorial, Tips mengerjakan soal, dan apa yang biasa mereka cari di internet,” jelasnya

Yasfin yang juga Dosen IAIN Kudus ini menambahkan stiap konten video juga jangan terlalu panjang, juga jangan terlalu pendek.

“Cukup sekitar 5 sampai 20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan,”kata ketua Rijalul Ansor kecamatan Gebog Kudus ini.

Bila masih pemula, imbuh ketua Rijalul Ansor kecamatan Gebog Kudus ini, video yang sudah dibuat dan diupload tidak bisa langsung dilihat banyak orang.

“Kita bisa menyebarkan video kita dengan membuat media sosial seperti FB, WA, TWITTER, agar jangkauannya semakin luas,” tandasnya.(Wafa/adb)

Comments