SKIL Belajar Penulisan Esai Manfaatkan Momentum Ramadan dan WFH

0
472
  • Peserta Setor Judul untuk Didiskusikan dan Dijadikan Karya

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Para anggota Sanggar Karya Ilmiah dan Literasi (SKIL) MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, memanfaatkan momentum Ramadan dan Work from Home (WFH) untuk belajar menulis esai.

Tak kurang sebanyak 30 peserta ikut proses pembimbingan yang dilangsungkan secara online wia WA Grup sejak tiga hari terakhir. Dua pembimbing dalam ‘’Tadarus Ide’’ itu adalah Ustaz Irsyad R. Azmi M.Pd (pembimbing SKIL) dan jurnalis Suaranahdliyin.com, Rosidi.

Nabil, koordinator tadarus ide, mengatakan, pembelajaran menulis esai ini, adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis anggota SKIL, khususnya dalam bidang penulisan esai. ‘’Alhamdulillah, minat teman-teman untuk belajar menulis esai secara daring, ini cukup bagus,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, pada hari pertama, dua pembimbing menjelaskan bagaimana proses  menulis esai berikut langah-langkahnya. ‘’Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Dan di hari ketiga, peserta diminta  membuat judul esai untuk didiskusikan,’’ tambahnya diamini Raihan.

Ustaz Irsyad R. Azmi, menyampaikan, bahwa dalam proses pembimbingan ini, tidak sekadar mendiskusikan teori saja. ‘’Yang terpenting dari sini, teman-teman harus mengajukan judul untuk didiskusikan bersama, kemudian harus dilanjutkan dengan menyelesaikan hingga menjadi sebuah karya,’’ ungkapnya. (ros, mail/ gie, luh, adb, rid)

Comments