Kuliner Tradisional
Sego Tewel, Kuliner Sederhana nan Ikonik asal Pati  

0
1574
Sego Tewel, kuliner tradisional khas Pati yang nikmat dan murah

PATI, Suaranahdliyin.com – Di Nusantara, khususnya Jawa, banyak ragam kreasi kuliner yang menggunakan bahan tewel. Di seputaran Pekalongan ada dikenal Nasi Megana. Dan di Kabupaten Pati, ada kuliner “Sego Tewel”.

Sego Tewel khan Kabupaten Pati, memang salah satu kuliner lokal yang saat ini cukup popular. Bahkan tidak hanya di daerah asalnya, di beberapa kabupaten tetangga seperti Kudus, kini juga banyak betebaran pedagang Sego Tewel khas Pati.

Di Kabupaten Pati, Sego Tewel, bisa dinikmati oleh masyarakat setempat, khususnya di Desa Tambakromo yang terletak di Kecamatan Tambakromo. Kuliner berbahan dasar sayuran dari serat nangka ini biasa disuguhkan dengan nasi yang masih hangat.

Melengkapi hidangan itu adalah tempe dan bakwan goreng. Yang membedakan, Sego Tewel asal Bumi Minatani ini disajikan penyajiannya di atas daun jati, sehingga menambah aroma dan daya tarik keseluruhan dari kreasi kuliner yang nikmat ini.

Azis, penikmat Sego Tewel dari Kabupaten Kudus, sangat merekomendasikan mencoba nasi tewel ini karena rasanya yang selalu bikin ketagihan. Menurutnya, yang menambah daya tariknya bukan hanya harganya yang terjangkau, juga kekhasan dan status ikoniknya di Kabupaten Pati. “Murah dan nikmat,” ujarnya, Kamis (24/7/2023) lalu.

Dikatakannya, Sego Tewel khas Pati menawarkan berbagai rasa yang lezat dan akan membuat ketagihan. “Silakan dicoba,” lanjutnya menambahkan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati, Hadi Santosa, dalam berbagai kesempatan pun menekankan pentingnya memperluas jangkauan dan popularitas hidangan (kuliner) lokal itu.

“Di sisi lain, dengan tetap menjaga esensi kesederhanaannya, sekaligus mengembangkannya agar lebih dikenal lebih luas di berbagai daerah,” tuturnya. (Mohammad Fahtur Rohman, mahasiswa PPL Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus)

Comments