Persimanu I Jawa Tengah
Ragam Perlombaan Warnai Persimanu I Jateng

0
561
Upacara pembukaan Persimanu I Jawa Tengah di Purbalingga , Rabu (12/7/2023) kemarin

PURBALINGGA,Suaranahdliyin.comPe- rkemahan Prestasi Ma’arif NahdlatuI Ulama (Persimanu) I Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sakoma NU) Jawa Tengah resmi dibuka oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Tengah Drs. KH. Muhamad Muzammil di Bumi Perkemahan Munjuluhur Kabupaten Purbalingga pada Rabu (12/7/2023). Usai pembukaan, peserta dari berbagai daerah di Jawa tengah langsung mengikuti perlombaan yang telah dijadwalkan.

Ketua Sakoma NU Jawa Tengah Kak H. Shobirin mengatakan, bahwa kegiatan Persimanu I Jawa Tengah tahun 2023 dilaksanakan pada hari Rabu (12/7/2023) sampai  Sabtu (15/7/2023) yang menggelar sejumlah perlombaan dan kegiatan.

Dikatakannya, berdasarkan buku pedoman Persimanu I terdapat sejumlah perlombaan. Untuk Perlombaan Prestasi/Keterampilan Pramuka terdapat lomba gelar keterampilan/pionering, lomba pentas seni budaya, lomba baris berbaris bertongkat, lomba tata upacara pembukaan latihan penggalang, lomba scouting adventures penegak, Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP), lomba roket air penggalang, lomba master cheff penggalang. Kemudian, lomba teknologi tepat guna penegak, lomba traditional rally’s games penegak, lomba tapak perkemahan, pawai gebyar bhineka Sakoma Jateng, dan permainan besar.

“Kegiatan persaudaraan, wawasan dan kreativitas terdiri atas wisata moderasi beragama, jumpa tokoh NU, seminar giat teknologi, Sakoma Sadar Bencana (Seminar), pembuatan vlog, dan Sakoma Bersholawat. Sementara itu, kegiatan anggota dewasa terdiri atas temu pinkon dan pendamping dan giat scouting skills.”terangnya.

Kak H. Shobirin menjelaskan bahwa Persimanu I merupakan perkemahan yang dilaksanakan oleh Pengurus Sakoma NU Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah yang pertama kali di Jawa Tengah. Persimanu I diselenggarakan secara serentak untuk jenjang penggalang dan penegak.

“Kegiatan dilaksanakan dengan format perpaduan antara kemah besar dan perlombaan yang merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka.’ungkapnya.

Untuk perkemahan sendiri terdiri atas tapak perkemahan, perkemahan induk / Kabupaten KH. Hasyim Asy’ari, Kecamatan KH. Wahab Hasbullah dan KH. Bisri Mustofa, Kelurahan Abdul Rahman Wahid dan Kelurahan Nyai Siti Khotidjah, Kelurahan KH. As’ad Syamsul Arifin dan Nyai Solicah, RW dan RT.

Sampai berita ini ditulis, kegiatan perlombaan telah berlangsung di lokasi perkemahan yaitu di Bumi Perkemahan Munjuluhur Kabupaten Purbalingga.(Ibda/adb).

Comments