Poskestren, Diharapkan Terbentuk di Semua Ponpes

0
559
Kegiatan Poskestren di Pondok Nihayatul Amal, Serang, Bekasi, belum lama ini

BEKASI, Suaranahdliyin.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi mengadakan pembinaan pondok pesantren (Ponpes) dalam rangka membentuk Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren). Acara yang diikuti oleh perwakilan Ponpes di Kabupaten Bekasi, ini dilangsungkan di Aula Pondok Nihayatul Amal, Serang, Bekasi, belum lama ini.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cikarang Selatan, Dr H R M Adi Prayana MARS MKK, mengutarakan, kegiatan ini bertujuan membentuk Poskestren di setiap pondok-pondok.

Sebagai pembuka, Ponpes Nihayatul Amal melakukan pemeriksaan kesehatan, screening kesehatan jiwa, pemeriksaan HB (hemoglobin), penyuluhan gizi, kesehatan reproduksi, kesehatan lingkungan, perlindungan perempuan dan anak, antinarkoba hingga trias pesantren

“Tahap awal di tahun 2023 ini, Poskestren bekerja sama dengan Ponpes Nihayat Amal mengenai inovasi pengembangan UKS, dan akan bertahap setiap tahunnya hingga seluruh pondok pesantren lainnya terbentuk Poskestren,” ujarnya dalam acara yang dihadiri pengasuh pondok, KH Syukron Ma’mun.

Pembukaan acara Poskestren

Perwakilan PD dan Pontren Kemenag, H Herman, mengakui, banyak persoalan yang harus di realisasikan di pondok pesantren, mulai dari edukasi, dakwah hingga pada wilayah pemberdayaan (pembinaan). (ridlwan/ ros, rid, adb)

Comments