Muskercab Pagar Nusa Temanggung Putuskan Empat Program Penting

0
4597
Muskercab Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Temanggung, Ahad (4/3/2018) kemarin

TEMANGGUNG,Suaranahdliyin.com – Pengurus Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Temanggung Periode  tahun 2017-2022 menyelenggarakan Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab), Ahad(4/3/2018). Kegiatan yang berlangsung di Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah Desa Tuksongo Kecamatan Pringsurat Temanggung ini diikuti 57 peserta.

Litbang PC PSNU Pagar Nusa Temanggung, Eko Purwanto mengatakan Muskercab  ini merupakan salah satu permusyawaratan tertinggi PC PSNU Pagar Nusa yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan Program kerja PC PSNU NU serta pelaporan berkala kepada PC NU. Disamping itu, membahas dan menetapkan kerangka kerja bidang strategis sesuai dengan perkembangan pencak silat NU di tengah masyarakat

“Muskercab juga membahas dan Menetapkan Kerangka Kerja Penyelesaian masalah Organisasi dan keanggotaan,”katanya.

Purwanto menjelaskan peserta muskercab ini terdiri dari pengurus Cabang PSNU Pagar Nusa dan pengurus Syuriah dan Tanfidziyah PCNU Temanggung, Dewan Khos Pagar Nusa yang mendapat undangan resmi panitia. Disamping itu, Utusan dari padepokan Silat yang bergabung dalam wadah PSNU Pagar Nusa, seperti LGBR, Gasmi, Ababil dan Cimande serta media massa,.

“Pengurus cabang PSNU Pagar Nusa Temanggung sebagai peserta penuh, selainnya menjadi peserta peninjau,”jelasnya.

Muskercab yang berlangsung sehari ini membahas materi melalui tiga sidang komisi. Antara lain,  komisi A membahas bidang Advokasi dan hukum, bidang komunikasi dan penguatan jaringan, serta bidang ketabiban.  Sedangkan komisi B agenda Sidang Pengembangan seni bela diri, bidang wasit Juri, dan bidang  pasukan inti.

“Komisi C. Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bidang Pengembangan ekonomi kreatif, serta bidang pengembangan organisasi dan keanggotaan,” lanjut dia.

Pembahasan sidang komisi kemudian ditetapkan dalam pleno Muskercab yang menghasilkan empat keputusan penting. Pertama Pengurus Cabang segera merumuskan Program kerja dan rencana strategis terkait dengan penguatan organisasi dan jaringan ke seluruh Anak Cabang (Kecamatan) se-Kab. Temanggung

“Kedua, muskercab juga merekomendasikan kepada semua pangkalan dan Padepokan silat yang bergabung dalam wadah PSNU Pagar Nusa Temanggung untuk melakukan updating data keanggotaan untuk selanjutnya dibuatkan KTA  sekaligus diagendakan untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) pada tahun ini.,”kata Purwanto menjelaskan hasil sidang pleno.

Peserta Muskercab Pagar Nusa Temanggung

Hasil keputusan ketiga,  membentuk tim ekonomi kreatif untuk kelangsungan organisasi sebagai Badan Otonom NU yang mandiri, dan mampu menjawab berbagai tantangan kegiatan berbasis manajemen yang profesional.

“Keempat, meningkatkan peran dan fungsi PSNU Pagar Nusa sebagai Benteng Ulama, Benteng Nusa Bangsa dan Agama  serta Olah Raga Prestasi untuk terjun di kancah Kejurkab, Kejurda dan Kejurnas,  serta even even POPDA, Kejurprov, PON dan lainnya.”jelasnya.

Sebagai bagian akhir dari Muskercab dilanjutkan dengan sidang Paripurna untuk menetapkan hasil sidang Pleno oleh ketua PC PSNU Pagar Nusa K. Dukut Sri Widayat. Muskercab ditutup hari Ahad (4/3/2018) pukul 15.00 Wib. (Khamim,ibda/ros,adb).

Comments