Peringatan Haul ke-33 Mbah Ronggoboyo  
Momentum Kuatkan Tali Silaturahmi dan Persaudaraan

0
658
Ribuan jamaah menghadiri haul Mbah Ronggoboyo, belum lama ini

PATI, Suaranahdliyin.com – Desa Brati, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati menjadi saksi dari gelaran peringatan Haul ke-33 Mbah Ronggoboyo, Kamis (21/07/2023). Kesempatan itu menghadirkan Habib Basyuro (Tayu, Pati), Habib Yasin bin Muhammad Baqir Basyaiban (Purwodadi), Habib Taufiq bin Salim Alaidid (Semarang), KH Arifin (Juwana), KH Afandi (Kayen), dan KH MA Mauhid (Kayen).

Ribuan jamaah dari berbagai penjuru daerah, menghadiri haul tokoh penting dalam dakwah Islam di seputaran Brati, yakni Mbah Ronggoboyo.

Di bawah hamparan langit biru yang teduh, para ulama, habaib, dan jamaah yang hadir khusyuk melantunkan sholawat dan dzikir. Dengan mengenakan busana Jawa, para ulama dan habaib melantunkan sholawat secara berkelompok, menyatu dengan suara riuh hadrah Ahbabul Musthofa Habsy asal Juwana, yang mengiringi acara dengan penuh khidmat.

“Haul Mbah Nggoboyo adalah momentum penting dalam kalender keagamaan di wilayah ini. Kami berkumpul untuk mengenang dan menghormati jasa-jasanya dalam menyebarkan agama Islam,” tutur Habib Basyuro dalam sambutannya.

Disampaikannya, peringatan haul ini menjadi ruang yang cukup penting, untuk menyatukan umat dan mengingatkan pentingnya silaturahmi, menjaga kerukunan, dan sebagai salah satu ruang mendekatkan diri kepada Allah.

Peringatan haul Mbah Ronggoboyo menjadi momentum penting menjaga silaturahmi dan merawat kerukunan warga

“Saya merasa terharu, melihat begitu banyak umat dari berbagai latar belakang datang bersama-sama dalam semangat kebersamaan. Semoga momentum ini semakin menguatkan tali persaudaraan antara sesama,” kata Habib Yasin bin Muhammad Baqir Basyaiban. (Mohammad Fahtur Rohman, mahasiswa PPL Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus)

 

Comments