Webinar STAINU Temanggung
Mengemuka Tanya, Apakah Nyamuk Dapat Menularkan Covid-19?

0
249
Sivitas akademika STAINU Temanggung mengikuti webinar

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com – LP3M STAINU Temanggung menyelenggarakan webinar bertajuk “Strategi Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19”. Salah satu yang menarik, yakni ketika ada peserta menanyakan tentang apakah nyamuk dapat menularkan virus Covid – 19?

Pemateri Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim S.KM M.Kes MM. pun menjelaskan, bahwa belum ada hasil penelitian yang membuktikan akan hal itu.

“Belum ada penelitian resmi dari WHO, yang menyatakan nyamuk dapat menularkan Covid-19. Namun yang jelas, Covid-19 dapat ditularkan melalui droplet (cairah salurah pernafasan), lewat air liur maupun lendir yang keluar dari hidung,” katanya, Selasa (14/7/2020).

Dalam webinar live di channel Youtube STAINU Temanggung itu, pihaknya juga menegaskan, belum ada bukti ilmiah yang menyebut penularan Covid – 19 melalui nyamuk ataupun gigitan nyamuk.

“Transmisi (penularan) virus bisa terjadi lewat berbagai cara, tergantung jenis virusnya, termasuk penyebaran virus Covid – 19 yang dominan dipengaruhi suhu, ketahahan tubuh, dan lainnya,” ungkpanya.

Solusinya, terangnya, selain mematuhi protokol kesehatan, dalam jangka panjang diharap akan terbentuk kekebalan alami, karena Covid – 19 hingga kini masih susah diprediksi. “Semua elemen harus mematuhi protokol kesehatan agar pandemi ini segera berakhir,” tegasnya dalam webinar yang juga diikuti Ketua STAINU Temanggung, Dr. H. Muh. Baehaqi MM. (rls/ ibd, ros, rid, gie, adb)

Comments