Menelaah Buku ‘’ Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi’’

0
121

Judul Buku       : Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi

Penulis             : Prof. Dr. H. Kaelan MS. & Drs. A. Zubaidi M.Si

Penerbit          : Paradigma Yogyakarta

Tahun terbit    : April 2016

Tebal buku      : 236 halaman

Pendidikan kewarganegaraan merupakan materi penting bagi seorang pelajar, khususnya kalangan muda. Sebab, materi ini mengulas tentang pembahasan budaya bermasyarakat dan bernegara.

Salah satu referensi penting terkait itu, adalah buku berjudul ‘’Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi’’ karya Prof. Dr. H. Kaelan MS. dan Drs. A. Zubaidi M.Si yang terbit pada 2016 lalu

Buku ini terdiri dari 236 halaman yang menjelaskan berbagai bab tentang kewarganegaraan, yang berupaya menerapkan konsep kewarganegaraan bagi mahasiswa, untuk pembentukan karakter nasionalistik bagi seorang pelajar sebagai generasi intelektual yang meneruskan perjuangan bangsa.

Pembahasan dalam buku ini, meliputi Filsafat Pancasila, Identitas Nasional, Negara dan Konstitusi, Demokrasi Indonesia, ROL dan HAM, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Geopolitik Indonesia, dan Geostrategi Indonesia.

Kelebihan buku ini adalah diksinya mudah dipahami oleh mahasiswa. Struktural per bab juga saling berkesinambungan, sehingga memudahkan untuk membaca dan memahaminya. Hanya saja, pembahasannya terlalu panjang sehingga berdampak pada psikologi pembaca. (*)

Muhammada Syihabur Rohman,

Peresensi adalah mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Negara pada Universitas Islam Malang (Unisma), Jawa Timur.

Comments