TalkShow Dema Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus
Mahasiswa Harus Bisa Menjadi Generasi Qur’ani

0
299
Talkshow Mahasiswa Santri Milineal yang diselenggarakan Dema Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Dalam rangka memeringati Hari Santri 2020, Pengurus DEMA Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus menggelar Talkshow bertema “Santri Mahasiswa Milenial” di Kedai D’ganjoel Kudus, Kamis (22/10/2020). Talkshow menghadirkan Gus Chasan Albab (dosen IAIN) dan Zakaria AW (Mantan Ketua PMII Komisariat Unwahas).

Gus Chasan Albab mengatakan mahasiswa dan santri harus selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran. “Jadilah generasi Qur’ani yang selalu mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan, hal ini penting di zaman milenial seperti sekarang ini” kata Gus Albab.

Ia menegaskan seorang mahasiswa statusnya sama dengan santri terkait tugas untuk menimba ilmu. “Maka jadilah mahasiswa ataupun santri yang berprestasi, baik prestasi akademik maupun non-akademik”ujar mahasiswa berprestasi semasa kuliah S1 dan S2.

Gus Albab juga menyampaikan wejangan agar para mahasiswa dan santri selalu memandang segala sesuatu itu sebagai bentuk khidmah. “Yakni melakukan sesuatu dengan rasa cinta dan riang gembira, tanpa ada paksaan dan tekanan.”ujarnya

Pembicara kedua, Zakaria memberikan motivasi tentang pentingnya bagi para anak muda mempunyai integritas dan prinsip dalam segala kesibukannya. Tanpa adanya prinsip akan mengakibatkan seseorang itu mudah terombang-ambing.

“Tanpa prinsip dan integritas, sama halnya seperti daun kering yang mengapung di aliran sungai,’ujarnya.

Ia berpesan bagi para mahasiswa yang belum pernah nyantri agar tidak minder. “Selama masih mengikuti para Salafush Shalihin, Ulama, dan Rasulullah SAW, maka kita bisa dianggap sebagai seorang santri,”kata Zakaria mengutip dhawuh KH. Mushtofa Bisri Rembang.

Sebagai kader muda NU, Zakaria mengajak mahasiswa untuk aktif di lembaga-lembaga maupun organisasi milik Nahdlatul ulama seperi  PMII, IPNU/IPPNU, MATAN, JQH, Ansor-Banser, Fatayat.

“Hal ini sebagai upaya kita tabarrukan agar kelak diakui sebagai warga Nahdliyin dan sebagai santri dari Hadratus Syeikh Hasyim Asy’ari,”tandasnya.

Acara Talkshow yang menjadi rangkaian Festifal Budaya Pendidikan (FESBUKAN) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus menggunakan protokol kesehatan.  Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan pengumuman pemenang lomba FESBUKAN (Festival Budaya Pendidikan) 2020 (mahlail syakur/adb)

Comments