Respons Gagasan Mendikbud Terkait PJJ
LP Ma’arif Lakukan Survei Online

0
140
Evaluasi program LP Ma’arif NU Jateng

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Merespons gagasan Mendikbud Nadiem Makarim yang berencana menjadikan permanen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), LP Ma’arif NU Jateng melalui Bidang Diklat dan Litbang pun melakukan survei.

Demikian terekam dalam rapat evaluasi program di kantor LP Ma’arif NU Jateng, Sabtu (11/7/2020) malam lalu. “Kami sudah mempelajari. Sesuai berita yang sudah kami baca di salah satu media massa edisi 6 Juli 2020, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril, menegaskan
bahwa yang akan dipermanenkan adalah platform PJJ, bukan metode PJJ itu sendiri,” terang Hamidulloh Ibda.

Menurutnya, yang akan permanen adalah tersedianya berbagai platform PJJ, termasuk yang bersifat daring dan luring seperti Rumah Belajar, yang akan terus dilangsungkan guna mendukung peserta didik dan pendidik (guru) dalam proses belajar mengajar.

“Wacana ini meresahkan sebagian guru, peserta didik, bahkan wali murid. Maka untuk urun rembuk dan berpartisipasi dalam mengawal kebijakan pemerintah, kami menggelar survei online yang instrumennya sudah kami rapatkan malam ini,” ujar dosen STAINU Temanggung itu.

Dia mengemukakan, survei diperuntukkan pelajar, guru, dosen, orang tua siswa, dan Pengurus LP Ma’arif NU di Jateng. “Ada sembilan daftar pertanyaan yang harus dijawab dengan model pilihan ganda dan uraian. Waktu survei 11 – 25 Juli 2020. Setelah data masuk kemudian diolah dan rapatkan bersama tim, selanjutnya data akan kami serahkan kepada Ketua LP Ma’arif untuk diteruskan dan ditindaklanjuti di PWNU Jateng,” ujarnya.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui persepsi semua elemen yang belum atau sudah menerapkan PJJ. “Data yang kami dapatkan nanti, menjadi dasar untuk melakukan program dan kebijakan strategis agar madrasah dan sekolah di bawah LP Ma’arif se Jateng, dapat melakukan proses pembelajaran dengan aman, nyaman, dan berkualitas,” paparnya.

Ketua LP Ma’arif NU Jateng, R. Andi Irawan, mengatakan, kegiatan di Ma’arif Jateng masih berjalan di tengah pandemi covid-19 ini. Beberapa program seperti mutu, inklusi, kurikulum, GLM, sudah dilaksanakan secara daring melalui aplikasi.

“Untuk berpartisipasi dalam survei ini, silakan klik: https://bit.ly/surveipjjmendikbud,” kata R. Andi Irawan. (rls/ ibd, ros, adb, rid)

Comments